Bang Zul Ingin Perkuat Kembali Kerjasama dengan Tiongkok

oleh -687 Dilihat
Foto istimewa Gubernur NTB, Zulkieflimansyah saat menerima kunjungan dari perwakilan Konsulat Jenderal Republik Rakyat Tiongkok (Konjen RRT) Denpasar, Zhu Xinglong, Selasa kemarin.

MATARAM — Gubernur NTB, Zulkieflimansyah menerima kunjungan dari perwakilan Konsulat Jenderal Republik Rakyat Tiongkok (Konjen RRT) Denpasar di ruang tamu utama, kantor gubernur, kemarin.

Gubernur menyampaikan keinginannya untuk memperkuat kembali program kerjasama yang telah terjalin sebelumnya antara Provinsi NTB dan RRT. Gubernur menuturkan bahwa China telah banyak memberikan inspirasi untuk NTB terutama di bidang pariwisata dan industrialisasi.

“Kami belajar dari China bagaimana suatu provinsi di China itu industrialisasi dan teknologinya canggih-canggih,” tutur Bang Zul.

Baca Juga  Lebaran Ketupat, Pengguna Jalan Diminta Hindari Jalur Senggigi

 

Terdapat beberapa program-program menarik yang disampaikan gubernur, diantaranya keinginan mengirim rutin beberapa ASN ke China untuk belajar dan berharap adanya direct flight China-Lombok.

“Kami ingin mengirim 5-6 orang kita di sini untuk belajar di sana, terutama pariwisata dan pengelolaan sampah,” sebutnya.

Selain itu ada halal food industry, pertukaran pelajar dan project Kereta Gantung pun turut dibahas gubernur di hadapan Konsul Jenderal RRT.

Baca Juga  Belum Ditemukan Hewan Kurban Sakit, Jika Ada Akan Diisolasi

“Kami ingin belajar dari Tiongkok tentang halal food industry. Perusahaan-perusahaan China bisa berkunjung kesini untuk mengembangkan hal tersebut. Melanjutkan juga kerjasama mengirimkan mahasiswa kami ke China seperti sebelum Covid,” katanya.

Sementara, Konsul Jenderal Zhu Xinglong menyambut baik program-program kerjasama yang disampaikan gubernur. “Saya sangat setuju kedua belah pihak memang harus melakukan kerjasama dalam berbagai bidang. Kami juga sudah sepakat menjalin kerjasama dalam 5 bidang dengan Indonesia, yaitu Politik, Teknologi, Budaya, Maritim dan Ekonomi,” kata  Zhu.

Baca Juga  TMMD di Loteng Fokus Bangun Jalan di Tujuh Desa

Zhu berharap agar seluruh kerjasama yang telah terjalin sebelumnya antara Provinsi NTB dan RRT dapat terus dipertahankan.  “Bersama dengan Bapak Menko Luhud sejak 2014, kami di Denpasar sudah menjalin hubungan baik dengan pemerintah NTB,” sebutnya.(as)

Tentang Penulis: Redaksi Koranlombok

Gambar Gravatar
Memberikan informasi Penting, Unik dan Menarik untuk dibaca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.