Terapkan Kurikulum Merdeka, Ini Cara SMAN 1 Janapria

oleh -1538 Dilihat
FOTO ANIS PRABOWO JURNALIS KORANLOMBOK.ID Siswa di SMAN 1 Janapria saat melakukan kegiatan Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam bentuk kegiatan begawe, Sabtu (26/11).

LOMBOK – Siswa Kelas 10 SMAN 1 Janapria Lombok Tengah melakukan kegiatan Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam bentuk kegiatan begawe, Sabtu (26/11).
Menggunakan pakaian kemeja dengan bawahan sarung dan dodot serta udeng atau ikat kepala khas suku sasak, sejumlah siswa menyajikan hidangan tradisional seolah sedang melakukan kenduri atau begawe.

Para siswi duduk membentuk lingkaran sesuai dengan kelas masing-masing, seolah menjadi tamu yang hadir dalam acara begawe.

Baca Juga  Blokade Bypass Dibuka, Kapolres: Kasus Tetap Kami Proses

Kepala SMAN 1 Janapria, H. Wildan menyebutkan praktek kegiatan P5 bertujuan untuk mengenalkan kembali kepada para peserta didik mengenai nilai-nilai kearifan lokal.
“Karena kami melihat konsep-konsep budaya mulai tergerus, walaupun sering melakukan proses kegiatan tersebut tapi secara konseptual mereka tidak tahu itulah mengapa kita kembangkan” katanya kepada wartawan Koranlombok.id.

Wildan menjelaskan bahwa bentuk kegiatan P5 tersebut dilaksanakan tergantung dari satuan pendidikan sehingga akan berbeda dengan satu sekolah dengan yang lain.
Katanya, SMAN 1 Janapria dalam kegiatan P5 minimal memilih dua tema besar dalam satu semester, dimana salah satunya adalah kearifan lokal yang dipraktekan dalam kegiatan begawe dan kewirausahaan berbasis Bisnis Model Canvas (BMC), dimana akan fokus pada industri kriya berupa ketak dan ampet.

Baca Juga  Empat Hari Pencarian, Pemancing yang Terseret Ombak Ditemukan

“Kewirausahaan kita akan bergerak di bidang ampet dan ketak,” katanya.
Sementara, kendati haus gotongroyong dan membawa beberapa alat dan bahan dalam kegiatan tersebut, siswa terlihat antusias dan senang mengikuti kegiatan tersebut.
“Senang aja sih bisa ikut pelajaran seperti ini,” kata Titin salah satu siswi.

Baca Juga  Tersangka Hina Makam Keramat Dilimpahkan ke Kejaksaan

Diketahui P5 adalah kegiatan pembelajaran yang merupakan bagian dalam kurikulum merdeka yang dikenalkan Menteri Pendidikan Nadiem Makarim Februari 2022.(nis)

Tentang Penulis: Redaksi Koranlombok

Gambar Gravatar
Memberikan informasi Penting, Unik dan Menarik untuk dibaca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.