Dinas Pertanian Loteng Akan Berikan Bantuan Pengganti Bibit

oleh -707 Dilihat
FOTO ISTIMEWA KORANLOMBOK.ID Satu rumah warga terendam banjir di Desa Bilelando, Kecamatan Praya Timur, 24 Desember 2022.

LOMBOK – Seluas 280 hektare lahan pertanian warga di Kecamatan Pujut dan Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah mengalami gagal tanam akibat banjir yang merendam lahan pertanian, akhir Desember 2022.

Adapun rinciannya, di Kecamatan Praya Timur lahan tanaman jagung yang terendam banjir seluas 11 hektare yang berada di Dusun Peras, Desa Kidang. 269 hektare sisanya merupakan lahan tanaman padi yang tersebar di Kecamatan Pujut seperti Desa Sukadana, Bangket Parak, Tumpak dan Teruwai.

Baca Juga  Data dari Pusat, Indeks Kerukunan di NTB Bawah Nasional

 

“Kami baru mengajukan untuk pergantian benih, kemudian bagi yang sudah memiliki asuransi nanti akan dapat penggantian dari pihak asuransi. Tapi kami masih mau verifikasi berapa masyarakat yang ikut asuransi,” terang Kepala Dinas Pertanian Lombok Tengah, Taufikurahman kepada jurnalis Koranlombok.id melalui sambungan telepon, Senin (2/1).

Baca Juga  Kisah Janda Tua di Jonggat, Hidup dari Hasil Membuat Sapu Lidi

 

Sementara untuk berapa banyak bantuan bibit yang akan diberikan dan bagaimana mekanisme pembagiannya, Taufikurahman mengaku masih menunggu informasi dari pusat.

“Masih kami proses pak, belum tahu berapa yang akan diperoleh dari pusat,” jelasnya.

Baca Juga  Terancam Gagal Panen, Petani Protes ke Kantor BWS

Sementara untuk hewan ternak yang terdampak sakit pascabanjir, Taufikurahman mengaku belum ada laporan ke dinas. Tapi pihaknya telah memberikan surat anjuran kepada warga mengingat saat musim hujan ternak dapat terkena kembung yang bisa sebabkan kematian.

“Belum ada laporan,” pungkasnya.(nis)

Tentang Penulis: Redaksi Koranlombok

Gambar Gravatar
Memberikan informasi Penting, Unik dan Menarik untuk dibaca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.