2023 Pelaksanaan Ibadah Haji Normal, Lansia Diprioritaskan

oleh -946 Dilihat
FOTO ARIF JURNALIS KORANLOMBOK.ID H. Zamroni Azis

LOMBOK – Pelaksanaan Ibadah Haji tahun 2023 dipastikan akan kembali berjalan normal. Kepala Kanwil Kemenag Provinsi NTB, H. Zamroni Azis mengatakan tahun ini Indonesia mendapatkan kouta haji dari kerajaan Arab Saudi sebesar 221.000 secara nasional.

“Kita berterimakasih untuk kerja keras Menteri Agama. Alhamdulillah tahun ini kita 100 persen normal,” ungkapnya di kantor Kanwil Kemenag NTB, Selasa (8/2/2023).

Zamroni Azis menerangkan, adapun jatah untuk NTB sampai hari ini belum dibagi. Namun, pihaknya akan menargetkan 10 sampai 11 kloter untuk NTB.

Baca Juga  Rannya Bersama Rombongan Tidar NTB Ziarah Makam

“Target kami akan memaksimalkan,” katanya.

Sementara untuk lanjut usia (lansia) agar menjadi prioritas, karena ini sudah normal  akan kembali ke pola lama dan lansia akan menjadi hal penting.

 

“Saya kira juga ini akan kembali dengan pola yang lama, artinya tentu yang lansia ini menjadi hal yang penting,” tegasnya.

Zamroni berharap karena Menteri Agama lagi melobi Pemerintahan Kerajaan Arab Saudi untuk penambahan kuota. Walaupun hari ini sudah 100 persen 221.000 jamaah akan tetapi itu masih bisa dilakukan upaya -upaya komunikasi kepeda pemerintah Arab Saudi untuk menambah kuota.

Baca Juga  Polisi Temukan Banyak Pelanggaran Anak Bawah Umur

Sementara untuk tambahan kouta untuk NTB, Zamroni akan bekerja secara maksimal untuk melobi kementerian agama agar NTB juga mendapatkan penambahan.

“Tergantung ada kuota penambahan secara nasional atau tidak. Yang jelas kalau ada penambahan secara nasional maka Kanwil Kementerian Agama Provinsi NTB dengan sekuat tenaga supaya ada penambahan untuk NTB,” katanya.

Sedangkan untuk jamaah tertunda karena pandemic covid-19, nanti sistem yang akan menentukan. Itu semua tidak bisa diotak –atik.

Baca Juga  Pemancing Hilang di Tanjung Luar, Begini Pengakuan Saksi Mata

“Nggak bisa, jadi hari ini seluruhnya baisistem,” tegasnya lagi.

 

Untuk diketahui pada musim ibadah haji 2023 ini, tidak ada batasan usia  bagi lansia. Harapannya agar yang tidak berangkat tahun lalu bisa diberangkatkan.

“Tidak ada batasan usia, untuk yang paling muda 18 tahun. Tapi kalau batasan usia lansia tidak terbatas. Sehingga harapan kita yang kemarin dengan sendirinya mereka karena sudah tertunda kemarin akan naik pada tahun ini,” terangnya.(rif)

Tentang Penulis: Redaksi Koranlombok

Gambar Gravatar
Memberikan informasi Penting, Unik dan Menarik untuk dibaca

Response (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.