Baku Tembak Setiap Hari di Sudan, 10 Hari Listrik Mati Total

oleh -679 Dilihat
FOTO DIKI WAHYUDI JURNALIS KORANLOMBOK.ID Muhammad Abdullah mahasiswa asal Lombok Timur, NTB saat menceritakan kejadian di Sudan kepada media, Rabu (3/5/2023).

LOMBOK – Sebanyak 10 orang mahasiswa asal NTB dari kloter tiga tiba di Bandara Internasional Lombok, Rabu sore (3/5/2023). Mereka merupakan rombongan mahasiswa yang berhasil dievakuasi pemerintah Indonesia dari perang antar militer, dengan paramiliter Pasukan Dukungan Cepat (PDC) di Sudan.

Setibanya di bandara, mahasiswa ini sempat menceritakan kondisi mereka saat masih berada di Sudan. Setiap hari sampai malam suara baku tembak mereka selalu dengar. Mereka pun dilarang keluar rumah.

Baca Juga  Mobil Ambulans untuk Yayasan Rumah Hijau Montong Are

“Situasi di Sudan sekarang sangat mencekam,” cerita salah satu mahasiswa asal Lombok Timur, NTB, Muhammad Abdullah kepada media.

Lebih memprihatinkan lagi, sejak 10 hari terakhir listrik mati total. Makanan sulit diperoleh karena semua toko tutup. Sementara kondisi baku tembak terjadi sejak tanggal 15 April 2023 sampai sekarang.

“Yang kami takut peluru nyasar,” tuturnya.

Baca Juga  Ganjar Terima Masukan Kesetaraan Hak Kaum Disabilitas

Bahkan pernah sekali bom mengenai tempat tinggalnya di Sudan. Namun beruntng saat itu dirinya tidak berada di lokasi.

“Kalau saya di sana tidak tahu apa yang terjadi,” katanya.

Selanjutnya kata Abdullah, proses evakuasi dari Khartum ke Port Sudan New International Airport membutuhkan waktu 15 jam perjalanan.

Di tempat yang sama, Asisten II Setda Provinsi NTB Nurhandini Eka Dewi mengatakan kedatangan 10 orang mahasiswa ini merupakan kloter tiga gabungan dari dua kloter pemulangan dari Jeddah. Sampai dengan saat ini, sisa satu mahasiswa masih bertahan di Sudan. Dia tidak mau pulang karena pengalaman dulu sulit bisa ke Yaman.

Baca Juga  Poltekpar Lombok Gelar WTDF 2023

“Itu alasannya, tapi kami tetap pantau,” kata Eka.

Dibeberkan mantan Kadis Kesehatan NTB ini, sebagian besar mahasiswa NTB di Sudan dapat beasiswa dari DASI NTB.(ken/nis)

Tentang Penulis: Redaksi Koranlombok

Gambar Gravatar
Memberikan informasi Penting, Unik dan Menarik untuk dibaca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.