HIMMAH NWDI Loteng Minta Evaluasi Sistem Zonasi PPDB

oleh -642 Dilihat
FOTO DOK OMBUDSMAN RI PERWAKILAN NTB Pihak Ombudsman RI Perwakilan NTB saat mengawasi proses PPDB di Kota Mataram, pekan kemarin.

LOMBOK – Ketua Himpunan Mahasiswa Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah (HIMMAH NWDI) Lombok Tengah, Nasrullah meminta kepada pemerintah untuk mengevaluasi sistem zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2023.

Menurutnya, sistem zonasi khususnya tingkat SMA/sederajat ini sangat mencederai sistem pendidikan. Demikian diberlakukan sejumlah sekolah di Lombok Tengah, salah satunya disebut SMAN 1 Praya yang menerapkan sistem zonasi, afirmasi dan prestasi.

Baca Juga  Reading Camp VI 2023, Berpetualang Menemukan Alice di Dunia Wonderland

“Saya mewakili kecamatan lain menegaskan sangat merasa terhina dengan sistem ini, saya juga mengantongi beberapa data dari tahun sebelumnya ada yang masuk diluar zonasi. Saya juga menduga itu adalah sistem titipan,” tegasnya kepada jurnalis Koranlombok.id, Kamis (13/7/2023) via wa.

Nasrullah menegaskan, tidak ada alasan untuk tidak dievaluasi sistem ini. Sebab telah merusak kebebasan dalam dunia pendidikan. Jika memang aturannya kongkrit menurutnya tidak ada masalah, namun sebaliknya ada dugaan kuat sejumlah siswa masuk tidak sesuai sistem. Mereka merubah domisili dari kecamatan luar Praya menjadi domisili di Kecamatan Praya, sehingga diterima.

Baca Juga  Guru Akan Demo, Dipicu Pemotongan Tunjangan Sertifikasi

“Kuat dugaan kami bahwa ini semua permainan orang dalam yang menggunakan sistem titip menitip,” tudingnya.

Ditegaskannya lagi, sekolah ini milik publik semua orang bisa menikmatinya. Namun dengan fakta yang ada, HIMMAH NWDI Lombok Tengah  dengan tegas sangat mempersoalkan kebijakan ini.

Baca Juga  Keselamatan Siswa SDN Kelambi Terancam, Pemkab Lombok Tengah Tutup Mata

“Kami beberapa kali mendatangi kepala sekolah untuk menanyakan persoalan-persoalan di masyarakat, namun mereka tidak mau ditemui,” sebut Nasrullah.

“Kami mendesak pemerintah terkait agar segera memanggil dan menindak tegas kepala sekolah dan jajarannya,” sambung dia.(rin)

Tentang Penulis: Redaksi Koranlombok

Gambar Gravatar
Memberikan informasi Penting, Unik dan Menarik untuk dibaca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.