Nyaleg, Kades Diimbau Ikuti Aturan yang Ada

oleh -874 Dilihat
FOTO ANIS PRABOWO JURNALIS KORANLOMBOK.ID Kepala DPMD Lombok Tengah / Lalu Rinjani

LOMBOK – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Lombok Tengah, Lalu Rinjani mengimbau kepada para kepala desa yang maju menjadi anggota DPRD untuk mengikuti aturan yang ada. Sejauh ini, kurang lebih 10 kepala desa telah mengirim secara resmi surat pengunduran diri mereka.

“Kalau yang sudah secara tertulis ada beberapa lah dan ada tanda terimanya, masih sekitar di bawah 10 orang. Kemungkinan akan bertambah,” terangnya kepada media, Rabu (12/7/2023).

Baca Juga  Waspada Pohon Tumbang dan Abrasi di Kota Mataram

 

Rinjani menegaskan, kepala desa saat ini masih menjalankan tugas. Sementara pemberhentiannya harus melalui persetujuan Bupati. Namun ketika sudah masuk dalam Daftar Calon Tetap (DCT) tidak ada alasan untuk tidak mengundurkan diri.

Dijelaskannya, pemberhentian kepala desa juga harus melalui persetujuan Badan Permusyaratan Desa (BPD) dan baru diserahkan kepada Bupati melalui Camat dan diteruskan DPMD.

Baca Juga  Cuaca Ekstrim, Harga Cabai Meroket Tembus 100 Ribu

“Kan masih proses pemberhentian, karena kan diangkat dan diberhentikan oleh Bupati,” terangnya.

Sebelumnya, kepala desa yang terang-terangan mengundurkan diri Kepala Desa Ketare, Lalu Buntara. Bahkan DPMD saat itu telah menerima surat pengunduran Buntara. Kades Ketare mengundurkan diri karena maju menjadi bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) DPRD Lombok Tengah.

Baca Juga  Pro Kontra SE Menag, Begini Sikap Organisasi Kemahasiswaan di NTB

Sementara itu informasi yang berkembang ada sejumlah kepala desa aktif turut mendaftarkan diri di sejumlah partai politik untuk maju di Pileg 2024. Tapi sayang tidak mengirim surat pengunduran diri. Parahnya lagi, beberapa Kades masuk sebagai pengurus Parpol.

DPMD juga mengetahui hal ini. Namun ada potensi mereka akan menerima sanksi jika melabrak aturan yang ada.(nis)

Tentang Penulis: Redaksi Koranlombok

Gambar Gravatar
Memberikan informasi Penting, Unik dan Menarik untuk dibaca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.