Dewan Minta Pemkab Loteng Berikan BLT untuk Petani Tembakau

oleh -1139 Dilihat
FOTO ANIS PRABOWO JURNALIS KORANLOMBOK.ID Anggota DPRD Lombok Tengah, Legewarman

LOMBOK – Anggota DPRD Lombok Tengah, Legewarman meminta kepada Pemkab Lombok Tengah untuk memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi petani tembakau.

Menurutnya, ini bisa dilakukan dengan dasar merevisi Peraturan Bupati (Perbup) yang mengatur realisasi BLT. Bantuan BLT melalui Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tersebut untuk memberikan bantuan kepada petani tembakau yang mengalami kerugian akhir-akhir.

 

“Kami minta supaya Perbup-nya segera diselesaikan dan pendataan kepada petani yang mengalami kerugian ini dilakukan oleh Dinas Pertanian langsung, mereka turun ke bawah koordinasi dengan PPL yang ada,” tegasnya, Senin (17/7/2023).

Baca Juga  Gubernur: IBEMPI Memiliki Peran yang Sangat Besar

 

Ditegaskan Lege, bantuan itu dapat diambil dari  DBCHT milik Pemda Lombok Tengah sebesar Rp 10 milliar. Informasi yang dia terima, Dinas Sosial menyatakan kesiapan melakukan perubahan Perbup.

“Untuk penyalurannya itu melalui Perbup, jadi tidak seperti kemarin khusus bagi petani yang tidak pernah mendapat bantuan dari program yang lain,” katanya.

Baca Juga  Kemenpan-RB Tak Setujui Usulan Penambahan 810 Formasi P3K di Loteng

 

Sebelumnya, Wakil Bupati Lombok Tengah, H.M Nursiah mengatakan dirinya telah memberikan arahan kepada Kepala Dinas Pertanian dan Kepala Dinas Sosial terkait pemberian bantuan kepada petani tembakau.

“Jumlah anggaran DBCHT antara lain untuk pelayanan kesehatan dan pelayanan pertanian tembakau, ini kan masih perjalanan dalam pelaksanaannya tahun ini. Untuk melihat musibah ini kita lihat peluang dalam perubahan APBD,” kata wabup.

Baca Juga  Oknum Polisi Perkosa Mahasiswi di Mataram jadi Tersangka

Menanggapi ribuan hektare tanaman tembakau yang rusak karena cuaca, Wabup akan dijadikan evaluasi kedepan pihaknya terutama oleh Dinas Pertanian.

“Tentu antisipasi dan bagaimana terus ada pendampingan kepada petani tembakau kita terkait luas lahan dan penanamannya, sementara bagi yang telah terjadi ada langkah-langkah efektif yang kita lakukan untuk penangannya,” tegasnya.(nis)

Tentang Penulis: Redaksi Koranlombok

Gambar Gravatar
Memberikan informasi Penting, Unik dan Menarik untuk dibaca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.