NTB Borong Penghargaan Tingkat Nasional

oleh -800 Dilihat
Foto: istimewa Wakil Gubernur NTB, Sitti Rohmi Djalillah saat menerima penghargaan, Jumat lalu di Jakarta.

JAKARTA – Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) kembali meraih prestasi tingkat nasional. Kali ini Provinsi NTB mendapat penghargaan yang diberikan oleh Pusat Studi Hukum Energi dan Pertambangan (PUSHEP) dan Dewan Energi Nasional (DEN) saat menggelar malam anugerah DEN 2022 / Energy Award kepada Pemerintah Daerah, Jumat (21/10) di Jakarta.

 

Provinsi NTB yang diwakili oleh Wakil Gubernur NTB, Sitti Rohmi Djalilah menerima penghargaan dalam  2 (dua) kategori sekaligus. Yakni, sebagai Provinsi Terbaik pertama dalam Kategori Daerah yang Mengoptimalkan Penggunaan Energi Baru Terbarukan (EBT) dan Provinsi terbaik ketiga dalam kategori daerah tercepat menetapan Perda RUED.

 

“Penghargaan ini tentunya menambah semangat kita di  NTB untuk Net Zero Emmision 2050 dan penerapan energi terbarukan. Jadi banyak hal yang harus kita lakukan untuk mem-follow up goal kita. Insya Allah termasuk juga pergub dan instruksi gubernur yang lain untuk mempercepat proses transfer energi daripada energi fosil menuju energi terbarukan,” kata Wagub NTB.

Baca Juga  Cawapres Mahfud Kampanye Dua Hari di NTB, Berikut Agendanya

 

Pada malam anugerah DEN 2022 ini merupakan puncak acara dari seluruh rangkaian kegiatan Anugerah DEN 2022. Anugerah DEN diselenggarakan untuk memperingati Hari Jadi Pertambangan dan Energi ke-77 dan penyerahan tropi penghargaan DEN 2022 kepada gubernur atau pemerintah daerah yang berprestasi.

 

Penganugerahan ini merupakan bentuk apresiasi kepada daerah yang telah menyusun dan mengimplementasikan Rencana Umum Energi Daerah (RUED). DEN memberikan penghargaan kepada Daerah tercepat menetapan Perda RUED. Selain itu, DEN juga memberikan penghargaan kepada Daerah yang terbaik dalam implementasi Perda RUED. Lebih dari itu, DEN memberikan penghargaan kepada Daerah yang mengoptimalkan penggunaan Energi Baru Terbarukan (EBT). Terakhir DEN memberikan penghargaan kepada Daerah yang melaksanakan Transisi Energi.

Baca Juga  BUMN Pemerintah China Akan Modali Pembangunan Kereta Gantung

 

Hal itu dilakukan oleh sebagai bentuk pengawasan pelaksanaan kebijakan pengelolaan energi yang bersifat lintas sektoral yang berpedoman pada Kebijakan Energi Nasional (KEN) dan RUEN serta penghargaan kepada Pemerintah Daerah yang telah menyusun RUED dan mengimplementasikannya.

 

Kegiatan Energy Award mengangkat topik “Energi Bersih dan Transisi Energi untuk Ketahanan Energi yang Berkelanjutan Menuju Net Zero Emition (NZE) 2060”.

 

Kegiatan itu bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman seluas-luasnya tentang energi, energi bersih, transisi energi, ketahanan energi dan NZE. Kegiatan ini juga dilakukan agar memberikan pemahaman dan publikasi seluas -luasnya tentang tugas dan fungsi DEN serta peran dan kegiatan DEN yang telah dilaksanakan. Selain itu, pameran transisi energi ini diharapkan untuk mendorong reformasi kebijakan untuk ketahanan energi yang berkelanjutan dan pencapaian target transisi energi menuju NZE tahun 2060.

Baca Juga  Larang Wartawan Meliput, Ini Klarifikasi Polres Loteng

 

Dimana, Energy Award ini juga diharapkan untuk menjalin kerja sama pemerintah dan para stakeholders dalam rangka dukungan untuk ketahanan energi nasional dan bauran energi nasional. Sebab realisasi pertumbuhan ekonomi dan pertumbuhan konsumsi energi serta bauran energi nasional masih jauh dari target KEN dan RUEN.(ais)

 

Tentang Penulis: Redaksi Koranlombok

Gambar Gravatar
Memberikan informasi Penting, Unik dan Menarik untuk dibaca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.