PLN Berdayakan Kelompok Nelayan di Ekas Buana Lombok Timur

oleh -970 Dilihat
PLN FOR KORANLOMBOK.ID Para mahasiswa Unram saat memilah hasil laut, belum lama ini.

 

MATARAM – PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Nusa Tenggara memberikan Program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) bertajuk pemberdayaan masyarakat kelompok nelayan Pasir Putih berupa program pendidikan dan pelatihan pengelolaan hasil laut dan strategi pemasaran dalam konsep agroekowisata bagi peningkatan ekonomi masyarakat pesisir di Desa Ekas Buana Kecamatan, Jerowaru Lombok Timur.

 

Untuk melaksanakan kegiatan Pendidikan dan pelatihan tersebut, PLN bekerjasama dengan pihak Universitas Negeri Mataram (UNRAM), Fakultas Perikanan dan Kelautan dengan salah satu materi pelatihan adalah pembuatan pakan pellet moist bahan baku lokal untuk budidaya Lobster di keramba jaring apung.

Baca Juga  Putri Ariani Sekarang jadi Sorotan Media Asing

 

Manager Bagian Perizinan dan Komunikasi Prapsakti Wahyudi mengungkapkan bahwa PLN tetap berkomitmen untuk melaksanakan pemberdayaan melalui program – program tanggung jawab sosial yang dapat menghadirkan dampak langsung kepada masyarakat.

 

“Melalui program seperti ini para nelayan yang ada di Desa Ekas Buana Kecamatan Jerowaru dapat menghasilkan hasil laut (Lobster) yang berkualitas, melalui pengelolaan hasil laut serta strategi pemasaran dalam sistem agroekowisata diharapkan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat pesisir,” kata Yudi.

 

Penyaluran program CSR atau Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) PLN harus memiliki semangat berkelanjutan dan berkesinambungan yang mampu menciptakan dampak yang berkelanjutan.

Baca Juga  Minta Istri Orang Bugil, Kades Ungga Menolak Sumpah Alquran

 

“PLN menyelaraskan pengembangan tiga aspek dalam penyediaan listrik, yaitu ekonomi, sosial dan lingkungan tidak hanya pada proses bisnis PLN sendiri tetapi terwujud pada Program TJSL PLN yang diarahkan untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat menjadi lebih tangguh,” katanya.

 

Sementara, Heri selaku pendamping kelompok nelayan Pasir Putih yang juga ikut mendampingi perkembangan kemajuan wirausaha nelayan sangat mengapresiasi langkah PLN dalam melakukan pembinaan pengelolaan hasil laut dan strategi pemasaran dalam sistem agroekowisata kepada masyarakat.

Baca Juga  Tersangka Dokter Langkir dan Adi Sasmita Ditahan 20 Hari di Lapas Mataram

 

“Pelatihan yang dilakukan sangat tepat sasaran karena dilatih mulai proses awal sampai akhir sehingga nelayan sekitar mampu mengelolah hasil laut dengan baik dan benar,” kata Heri.

 

Toni, salah satu peserta pelatihan menuturkan bahwa potensi daerah pesisir di Desa Ekas Buana, kaya akan hasil laut dan memiliki panorama pantai yang sangat eksotis sehingga memiliki daya tarik tersendiri untuk meningkatkan perekonomian masyararakt pesisir.

 

“Terimakasih kepada PLN atas tanggung jawab sosial yang direalisasikan terhadap masyarakat,” katanya.(ais)

 

 

Tentang Penulis: Redaksi Koranlombok

Gambar Gravatar
Memberikan informasi Penting, Unik dan Menarik untuk dibaca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.