Cerita Mistis di Lingkok Rumbuk Kabupaten Lombok Timur

oleh -666 Dilihat
foto/istimewa Warga saat mengunjungi langsung Lingkok di Desa Rumbuk Lombok Timur, Sabtu lalu.

Sering Nampak Wanita Berpakaian Putih

 

Ada cerita mistis dari warga Desa Rumbuk, Lombok Timur. Ada sebuah lingkok (sumber mata air) di Dusun Tanah Gadang 1 yang menyimpan banyak cerita menakutkan. Berikut catatannya.

————————————————————————————

KEPERCAYAAN terhadap fenomena paranormal melekat di masyarakat Lombok. Begitu juga bagi warga Desa Rumbuk, Kabupaten Lombok Timur. Fenomena ini sudah turun temurun diyakini.

Dimana, sebuah lingkok di Dusun Tanah Gadang 1 Desa Rumbuk dikenal penuh nuansa mistis. Di sana terdapat empat lingkok yang digunakan warga untuk mandi dan cuci pakaian, tapi dikenal angker.

Lokasi tersebut bernama Lingkok Merdani. Di sana terdapat empat lingkok tepat berada di pinggir sungai. Sementara di atasnya terdapat pohon beringin dengan akar yang menghujam bumi.

Baca Juga  Puting Beliung dan Hujan Es di Desa Kelebuh

Warga sekitar sering melihat penampakan hantu berwujud wanita berpakaian putih dengan rambut yang terurai menyeramkan. Warga sering melihat sosok wanita sedang duduk atau berdiri di sekitar lingkok.

Seorang tokoh masyarakat setempat, Amaq Rusniah mengatakan lingkok tersebut memiliki sejarah panjang yang sarat misteri. Konon, lingkok tersebut didirikan oleh bangsa lelembut bernama Mbik Mayani. Sosok tersebut diyakini wali jin dari Gunung Rinjani yang membangun lingkok.

Dalam rilis diterima Koranlombok.id, Amaq Rusniah berkomunikasi melalui telepati dengan sosok yang disebut wali jin. Peristiwa transendental itu dijelaskan secara terpotong oleh Amaq Rusniah.

Dia menjelaskan, lingkok tersebut diyakini sebagian masyarakat dapat mengobati penyakit. Sehingga tidak jarang lingkok itu dikunjungi masyarakat dari luar kampung untuk mandi dengan niatan mengobati penyakitnya.

Baca Juga  Stakeholder di NTB Suarakan Pemilu Damai 2024

 

“Sampai sekarang banyak yang datang berobat mandi di sana,” katanya, belum lama ini.

Dia mengatakan, ada ritual khusus yang dibawa masyarakat saat datang ke lingkok tersebut. Masyarakat biasa membawa ketupat, rokok pilitan, beras kuning dan lainnya. Mereka kemudian melakukan ritual mandi untuk membersihkan diri dari penyakit.

 

Percaya tidak percaya, namun itu diyakini masyarakat di sana. Aura mistis di lokasi tersebut juga sangat terasa jika hari menjelang magrib. Lingkok tersebut sangat sepi dan tenang dengan aura mistis yang melekat.

Sementara itu, Sekretaris Tim Ekspedisi Mistis Amrullah yang turun ke lokasi mengatakan, fenomena mistis yang kerap dijumpai warga di sekitar Lingkok Merdani tidak pernah mengganggu warga sekitar.  Serangkaian penampakan mistis haruslah dimaknai bahwa squad lelembut ingin memberikan pesan damai sekaligus  penegasan untuk tetap setia menjaga kelestarian kawasan Lingkok.

Baca Juga  NTB Urutan Dua Nasional Kasus Perkawinan Anak, Sehari Dua Anak Dinikahkan

“Sebagai warga Rumbuk , saya tidak terganggu dengan fenomena penampakan mahkluk astral¬† karena itu bagian dari tradisi saling menghormati eksistensi antar dimensi,” kata pria kelahiran Desa Rumbuk, Sabtu ( 30/7 ).

Amrullah berharap kawasan Lingkok Merdani bisa ditata rapi dan diberdayakan agar menjadi kawasan yang harmoni, asri dan bersih.

“Setidaknya dengan ada penataan kawasan lingkok merdani sebagai upaya merawat dan melestarikan peninggalan kebudayaan leluhur desa Rumbuk,” pungkasnya.(*)

 

Tentang Penulis: Redaksi Koranlombok

Gambar Gravatar
Memberikan informasi Penting, Unik dan Menarik untuk dibaca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.