Fraksi PBB di DPRD Loteng Dukung Sistem Proporsional Tertutup 2024

oleh -676 Dilihat
FOTO ISTIMEWA KORANLOMBOK.ID Anggota Komisi IV DPRD Loteng / Legewarman

LOMBOK – Anggota DPRD Lombok Tengah dari Fraksi Partai Bulan Bintang (PBB) Legewarman mendukung Pileg dengan system proporsional tertutup tahun 2024. Menurut Lege melalui sistem ini, anggota dewan yang duduk di parlemen dianggap memiliki kualitas yang lebih baik daripada sistem terbuka.

“Kalau alasan itu sudah jelas di persidangan MK, karena saat ini sudah mulai masyarakat berpikir pragmatis dalam politik ketimbang memilih pemimpin yang mampu mewakili untuk memperjuangkan aspirasi mereka,” katanya kepada media, Senin (10/4/2023).

Baca Juga  Ini Sederet PR Pemkab Loteng Versi DPRD

 

Selain itu melalui sistem ini akan memberikan peran dan fungsi pokok yang lebih besar kepada partai politik, karena dewan ini kesetiaan kader begitu rapuh dan menganggap partai sebagai batu loncatan saja untuk mengincar posisi tertentu. Selain itu, legislator yang dihasilkan sistem proporsional terbuka kerap kali tidak menguasai bidang di parlemen karena hanya mengandalkan popularitas dan dana politik yang dimiliki.

Baca Juga  DPRD Loteng Usulkan Kenaikan Honor Petugas Kebersihan jadi 1 Juta

 

“Kadang kader yang sudah lama kalah dengan pendatang baru yang posisinya di nomor terakhir. Kadang juga kaderisasi partai politik juga sudah tidak dianggap penting bagaimana untuk memberikan idealisme dan loyalitas kepada partai politik,” sebutnya.

Dengan demikian, ongkos politik dan biaya pemilu akan semakin hemat jika sistem tersebut diberlakukan karena yang dipilih merupakan kader yang berkualitas.

Baca Juga  Perindo Loteng Target Dapat Kursi Dapil Kopang-Janapria

Namun kendati belum jelas keputusan Pileg 2024 akan menggunakan sistem proporsional terbuka atau tertutup, PBB optimis dapat mendapatkan suara di setiap dapil dan sudah menyiapkan opsi lainnya.

“Cuma nanti strategi tertentu yang kita lakukan, begitu juga untuk sistem terbuka atau tertutup,” pungkasnya.(nis)

Tentang Penulis: Redaksi Koranlombok

Gambar Gravatar
Memberikan informasi Penting, Unik dan Menarik untuk dibaca

Responses (2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.