Rifqi Ramadhan, Karyawan Swasta yang Sukses jadi Konten Kreator Sepakbola Lewat Opinibolaid

oleh -937 Dilihat
FOTO DOK PRIBADI RIFQI RAMADHAN Ini sosok Rifqi Ramadhan konten kreator lewat opinibolaid

RIFQI RAMADHAN merupakan karyawan swasta di salah satu perusahaan ekspedisi di Jakarta. Dia sukses sebagai konten kreator di sosial media instagram, youtube dan tiktok melalui konten sepakbola bernama opinibolaid, hasil menjadi konten kreator dapat mengantongi penghasilan hingga jutaan rupiah perbulan.

Kepada jurnalis Koranlombok.id Rifqi menceritakan awal mendirikan opinibolaid karena kecintaannya pada dunia sepakbola yang besar. Ia pun memulai dengan membuat konten pada Januari tahun 2020 saat naik-naiknya kasus pandemi Covid-19, dirinya sempat dirumahkan oleh perusahaan waktu itu padahal baru bekerja beberapa bulan.

Selain itu Rifqi yang merupakan lulusan Ilmu Komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya ini memiliki pandangan akun-akun informasi sepakbola yang ada saat itu minim kreatifitas, dirinya merasa dapat membuat konten yang lebih baik dan menarik.

Baca Juga  26 Tahun Warga Lantan Menantikan Dibangun Jembatan

“Inspirasi gua tuh buat opinibolaid pengen kayak konten sepakbola yang nggak pada umumnya soalnya di instagram rata-rata cuma ejek-ejekan antar club, nggak ada data analitik atau fakta unik,” katanya, Selasa (6/6/2023).

 

Meskipun sempat beberapa bulan menganggur namun berkat kemampuannya mengolah konten melalui akun instagram dan tiktok opinibolaid, dia mendapatkan pekerjaan sebagai sosial media spesialis. Selain itu demi dapat menyajikan konten yang menarik Rifqi juga harus pintar membagi waktu di sela pekerjaannya kini.

“Kalau di weekdays jam 8 sampai 10 malam bikin konten cari apa yang dibahas orang, kalau weekends jam 2 siang sampai jam 4 berusaha fokus buat konten bahkan untuk 2 atau 3 hari kedepan,” ujarnya.

Baca Juga  IWAPI Lombok Tengah Santuni 100 Anak Yatim

 

Saat ini peluang sebagai konten kreator masih terbuka besar namun demikian harus segera dimulai karena kompetisi makin ketat, dimana banyak konten kreator baru bermunculan dan dituntut harus bisa beradaptasi.

Dirinya juga membagikan kiat sebagai konten kreator seperti yang diterapkannya di akun opinibolaid, yakni harus memiliki personal branding yang kuat atau konten yang khas, kualitas dan kuantitas konten juga menjadi perhatian, serta dapat berkolaborasi dengan siapapun. Selama menjadi konten kreator Rifqi telah berkolaborasi dengan beberapa tokoh seperti pesepakbola Syamsir Alam dan politisi muda Faldo Maldini.

Baca Juga  9 Juta Pajak Sebulan, Pedagang Bakso Kompak Tidak Membayar

 

Penghasilannya sebagai konten kreator bertahap naik mulai dari awal 2021 hanya mendapat Rp 2 juta hingga kini rata-rata mendapat 3 sampai 4 juta rupiah per bulan.

 

“Selama piala dunia 2022 itu puncaknya, sebulan itu sampai 12 hingga 13 juta,” bebernya.

Meskipun hasil tersebut saat ini masih belum melampaui gajinya per bulan, Rifqi optimis penghasilannya masih dapat ditingkatkan. Kedepannya dirinya berharap opinibolaid dapat menjadi alternatif yang mendobrak media sepakbola mainstream dengan menyajikan konten yang lebih baik kedepannya.

“Mulai dari kecil dulu, makin rajin buat kontennya, makin banyak nonton bola lagi karena dapat energi lebih banyak energi buat konten lagi,” kata Rifqi.(adv/nis)

Tentang Penulis: Redaksi Koranlombok

Gambar Gravatar
Memberikan informasi Penting, Unik dan Menarik untuk dibaca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.