Gubernur Tegaskan Proses Industrialisasi Itu Panjang

oleh -678 Dilihat
Foto; istimewa : Gubernur NTB, H. Zulkieflimansyah saat menyampaikan materi dalam talk show di ballroom kantor Bupati Lombok Tengah, Selasa kemarin.

MATARAM – Gubernur NTB,  Zulkieflimansyah melalui program industrialisasi mendorong masyarakat untuk dapat mengolah bahan baku menjadi produk olahan sebelum dijual dan dikirim ke pasar. Melalui upaya ini diharapkan produksi bahan-bahan baku di NTB dapat memiliki nilai tambah yang lebih tinggi.

“Tidak mungkin satu daerah, satu bangsa dan satu Negara mencicipi kemakmuran, kesejahteraan dan mengurangi kemiskinan tanpa hadirnya industrialisasi,” ungkap Bang Zul dalam Road Show dan Talk Show Ekosistem Industrialisasi dalam mendukung Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, di Ballroom Kantor Bupati Lombok Tengah, Selasa kemarin.

Baca Juga  Prabowo - Gibran Unggul di TPS Pathul, Segini Perolehan Suara

Menurutnya, industrialisasi selalu identik dengan banyaknya pabrik besar ada dimana-mana, asap yang mengepul dari cerobong mengangkasa merusak lingkungan, urbanisasi dari desa ke kot dan lain sebagainya. Padahal Industrialisasi itu bukan konsep yang baru tetapi industrialisasi adalah hukum besi bagi mereka yang pernah belajar ekonomi.

Baca Juga  Enam Dusun Krisis Air Bersih di Desa Bilelando

Ditambahkan Bang Zul, proses industrialisasi itu panjang dan perjalanan melelahkan penuh keringat air mata bahkan darah sekalipun yang harus ditumpahkan.

“Jadi industrialisasi menjadi kewajiban karena selama ini negara yang miskin terbiasa menjual produk yang mentah dengan harga yang relatif murah kemudian membeli produk yang nilai tambahnya lebih tinggi dan harganya lebih mahal,” tuturnya.

 

Kepala Dinas Perindustrian NTB, Nuryanti menyampaikan bahwa Road Show industrialisasi gubernur merupakan yang ketiga kalinya di Lombok Tengah, setelah sebelumnya dilaksanakan  yang pertama di Kabupaten KSB dan Sumbawa.

Baca Juga  Bawaslu Loteng Bersurat Minta Baliho ‘Liar’ Diturunkan

“Ini merupakan bentuk ekosistem industri mulai dari sektor hulu dari Dinas Pertanian, Dinas Peternakan dan Dinas Ketahanan Pangan yang sudah tersedia expo industrialisasi,” ungkapnya.

Selain itu, disebutkan Kepala Dinas Perindustrian bahwa kegiatan ini sebagai langkah sosialisasi industrialisasi yang sudah dicanangkan oleh gubernur.(ais)

Tentang Penulis: Redaksi Koranlombok

Gambar Gravatar
Memberikan informasi Penting, Unik dan Menarik untuk dibaca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.