4 Tahun Zul-Rohmi Membawa NTB Gemilang Mendunia

oleh -711 Dilihat
Gubernur NTB, Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur NTB, Sitti Rohmi Djalillah foto bersama dengan salam dua jari usai hadiri acara di Lombok Barat, belum lama ini.

MATARAM – 19 September 2022 genap 4 tahun kepemimpinan Gubernur NTB, Dr H Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur NTB, Dr Hj Sitti Rohmi Djalillah.  Mengusung Visi-Misi NTB Gemilang, duo doktor ini berhasil signifikan mengubah wajah NTB. Mengajak masyarakat menapak langkah pertama untuk perjalanan panjang bagi NTB di masa depan.

“Perjalanan panjang selalu dimulai dari langkah pertama,” kata gubernur.

 

Doctor Zulkieflimansyah dan Dr Hj Sitti Rohmi Djalillah dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat 2018 lalu. Estapet kepemimpinan Bang Zul dan Umi Rohmi dari Tuan Guru Bajang itu memulainya dengan masa masa sulit yang tak terhindarkan. Dari bencana gempa di tahun 2018 dan masa recoveri di tahun 2019. Dilanjutkan lagi dengan Covid-19. Namun bencana tersebut justru menguatkan karakter NTB sebagai sebuah daerah kecil di timur Nusantara. Dan keberhasilan itu  semacam dengan visi revolusioner yang penuh terobosan dan inovasi. Duet kepemimpinan ini mengubah orientasi pembangunan di saat yang sama bergulat dengan perubahan global dengan segenap dinamika masyarakatnya.

 

Data yang didapatkan 65 program unggulan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menegah Daerah (RPJMD) di berbagai sektor menjadi cara pembuktian dalam ikhtiar membangun yang progresif. Pada tahun keempat, proyeksi 5.0 nanti menjelang kemandirian masyarakat dapat dilihat tidak saja dari capaian data namun tingkat kepuasan masyarakat dengan program unggulan seperti Industrialisasi, Posyandu Keluarga, Beasiswa Luar Negeri, Desa Wisata dan Zero Waste dan program unggulan lainnya sembari menggali potensi melalui gelaran event event internasional dan meneguhkan eksistensi dengan meraih penghargaan penghargaan nasional maupun internasional di berbagai bidang.

Baca Juga  Polda Belum Terima Laporan Kasus Pencurian Kabel PJU di Bypass

 

Sambil membedah keberhasilan itu, capaian beberapa program unggulan menjadi indikator menuju Gemilang 5.0.

 

Termasuk program unggulan industrialisasi, selain jumlah IKM dan UKM yang terus tumbuh di tahun 2022 (data), peta jalan industrialisasi dengan enam industri prioritas dimulai dari bahan baku, pengolahan mesin, pengemasan hingga pemasaran diukur pula dari perubahan mindset ekonomi kerakyatan yang terus menerus diintervensi oleh Zul Rohmi dengan stimulus infrastruktur sampai kebijakan.

 

Program unggulan Posyandu Keluarga yang dikembangkan menjadi pusat layanan kesehatan plus telah menjangkau sampai ke dusun dusun. Salah satunya dengan integrasi bank sampah (data angka) ke dalam sistem pelayanan Posyandu Keluarga yang hampir menjangkau seluruh persoalan di masyarakat mulai kesehatan sampai masalah sosial.

 

7.656 Posyandu Keluarga, 90,26 persen adalah Posyandu aktif dengan berbagai intervensi diluar pelayanan kesehatan primer. 200 lebih Posyandu Keluarga telah mulai terintegrasi dengan bank sampah dan PAUD Holisitk sebagai upaya intervensi life cycle yang menysaratkan penanganan menyeluruh oleh berbagai pihak seperti pernikahan dini, gizi, sanitasi, permasalahan sosial menggunakan sarana Posyandu Keluarga di dusun dusun. Begitupula dengan penanganan pandemi mulai vaksinasi hingga menjaga kesehatan keluarga dan masyarakat dengan deteksi dini penyakit tidak menular yang mendapatkan apresiasi pemerintah pusat sebesar 20 persen deteksi screening untuk penanganan awal dan edukasi dengan entry data ril strategis rata rata diatas 95 persen di kabupaten/ kota. Termasuk intervensi program nasional seperti stunting dan lain.

Baca Juga  Usai Melahirkan di Polindes Istri Tidak Bisa Kencing, Keluarga Keberatan

 

Terobosan ini mendukung pula program unggulan Zero Waste dalam pelibatan masyarakar. Target bebas sampah 2023 dengan beragam inovasi memberikan output pengurangan dan penanganan sampah secara signifikan. Inovasi dari hulu ke hilir tersebut selain dengan intervensi perubahan perilaku dalam pengurangan sampah juga didukung kebijakan dan investasi penanganan untuk mewujudkan masyarakat  yang sadar dan mandiri tentang pengelolaan sampah terutama rumah tangga.

 

Menggesa program unggulan 99 Desa Wisata, pemerintah provinsi mendorong kehadiran kelompok sadar wisata yang mengelola potensi wisata masing masing desa dengan mengupayakan pengembangan infrastruktur, pemberian bantuan sampai melakukan inovasi menciptakan desa wisata penyangga bagi destinasi wisata internasional sekitar kawasan ekonomi khusus Mandalika, Senggigi, Gili Tramena dan beberapa destinasi wisata lain yang mendunia seperti Tete Batu. (Data angka).

Dan program unggulan 1000 Cendekia yang mengirim ratusan mahasiswa dan pelajar melihat dan belajar tentang masa depan untuk kembali ke masa kini dan menceritakannya dengan kontribusi terbaik. (Data angka).

 

Kisah sukses para awardee yang kembali maupun berkiprah di mana saja akan membangkitkan semangat dan kepercayaan diri tentang membangun daerah.

Ada 65 program unggulan lain untuk menafsirkan visi misi Gemilang atau negeri yang baldatun thoyyibatun wa robbun ghofur. Negeri yang makmur dan sejahtera ketika pemimpin dan rakyat memiliki kesamaan visi dan tujuan bersama.

Baca Juga  Bulog Ungkap Penyebab Pengusaha Penggilingan Padi Gulung Tikar

 

Pada tahun keempat sebagai representasi keberhasilan duet doktor ini, event event internasional digelar berkesinambungan. Menandai ikhtiar kebangkitan ekonomi dari keterpurukan lokal dan global. Membuka peluang pada pembangunan infrastruktur dan investasi di hampir seluruh NTB. MXGP di kawasan Samota Sumbawa, MotoGP, WSBK, Iron Man, Tambora Menyapa Dunia, konvensi G20 dan lain lain membentuk peluang ekonomi baru yang dimulai di tahun keempat maupun sebelumnya. Tak berlebihan jika nanti di tahun kelima seluruh cetak biru kegiatan ekonomi masyarakat NTB akan berjalan lebih siap, lebih mandiri dan menghasilkan pendapatan untuk daerah.

 

Selanjutnya pada tahun keempat sebagai representasi keberhasilan duet doktor ini, event event internasional digelar berkesinambungan. Menandai ikhtiar kebangkitan ekonomi dari keterpurukan lokal dan global. Membuka peluang pada pembangunan infrastruktur dan investasi di hampir seluruh NTB. MXGP di kawasan Samota Sumbawa, MotoGP, WSBK, Iron Man, Tambora Menyapa Dunia, konvensi G20 dan lain lain membentuk peluang ekonomi baru yang dimulai di tahun keempat maupun sebelumnya. Tak berlebihan jika nanti di tahun kelima seluruh cetak biru kegiatan ekonomi masyarakat NTB akan berjalan lebih siap, lebih mandiri dan menaikkan pendapatan daerah.

Melengkapi keberhasilan tersebut, pengakuan atas pencapaian pemerintahan Zul Rohmi mendapatkan pengakuan nasional dan internasional. Banyak pula dari inovasi dan program pemerintah yang menjadi program strategis nasional dan direplika ke daerah lain.(ais)

 

Tentang Penulis: Redaksi Koranlombok

Gambar Gravatar
Memberikan informasi Penting, Unik dan Menarik untuk dibaca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.