Semarak ! IRON MAN 2022 Diikuti 33 Negara

oleh -609 Dilihat
Atlet asal Indonesia, Andy Wibowo saat berhasil menjadi pemenang, Sabtu kemarin.

MATARAM – IRON MAN 2022 yang diselenggarakan World Triathlon Corporation (WTC) yang berlangsung sukses di Lombok, Sabtu. Even kompetisi triathlon (trilomba) mengkombinasikan renang sepanjang 1,9 KM, bersepeda dengan jarak tempuh 90 KM dilanjutkan dengan lari sepanjang 21,1 KM diikuti atlet inernasional dari 33 negara.

“Semua peserta senang dan merasa tempat kita luar biasa,” kata Gubernur NTB, Zulkifliemansyah saat pelepasan.

Kesuksesan IRON MAN tidak lepas dari dukungan masyarakat NTB. Gubernur mengaku sambutan masyarakat sangat luar biasa.

Gubernur mengatakan event ini sudah direncanakan sejak 2 tahun lalu, tetapi karena Pandemi Covid-19 sehingga baru bisa terlaksana. Bang Zul sapaanya mengatakan bahwa eksternalitas dari event ini sangat banyak mulai dari hotel-hotel yang penuh, penerbangan terisi, serta aktivitas ekonomi yang baik. Yang tidak kalah penting menjadikan NTB sebagai daerah destinasi sport tourism kelas dunia.

“Mudah-mudahan ini akan berlanjut terus di masa yang akan datang, sehingga kepercayaan masyarakat kepada Nusa Tenggara Barat makin lama makin baik,” harapnya.

 

 

Sementara itu, Executive Director PT. Indonesia Sports Management (ISM), Arie S. Sukirno menyebutkan bahwa total peserta yang ikut sebanyak 406 orang dengan partisipannya dari luar negeri berjumlah 156 orang dari 33 negara, dan dari Indonesia sebanyak 250 orang.

Baca Juga  Chairman of Sade Tourism Awareness Group Clarifies and Apologizes

“Ini merupakan sebuah problem, kita mengharapkan akan lebih banyak untuk partisipan internasional juga karena kita sudah keluar dari pandemi sehingga tidak ada keraguan lagi untuk berpartisipasi dalam event internasional,” katanya.

Dijelaskan, pada event ini juga terdapat 3 peserta asal NTB yaitu M. Kadri, Yan Bachtiar dan Qori. Arie menambahkan bahwa track Ironman 70.3 ini sebetulnya masih tergolong medium, bila ada yang sakit atau cedera memang untuk menyesuaikan itu tidak mudah, harus ada training yang cukup untuk mengikuti event ini.

 

Dijelaskan bahwa banyak atlet newbie yang ikut pada ajang ini yang biasanya baru mengikuti triathlon seperti Olympic distance atau sprint yang jaraknya lebih sedikit daripada Ironman. Jadi biasanya yang mengalami cedera itu adalah newbie yang baru ikut serta pertama kali.

 

Sport tourism merupakan pariwisata baru yang potensi dan marketnya cukup besar dan memiliki nilai yang berkelanjutan. Saat ini, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) telah banyak menjadi tuan rumah acara olahraga ajang internasional. Salah satunya kini adalah Ironman 70.3 Triathlon.

Baca Juga  Ganjar-Mahfud Target 60 Persen Suara di Lombok Tengah

Sementara itu, Managing Director IRONMAN Asia, Jeff Edward, mengatakan dua tahun belakangan sangat sulit untuk mengadakan international event akibat Pandemi Covid-19. Tetapi antusias dan keramahan masyarakat Lombok sangat luar biasa, begitu pula dengan Pemerintah Daerah NTB, Polda, serta pihak lainnya yang terkait, keadaan jalanannya pun sangat bersih.

“Kalau berenang dan sepeda itu asik, tadi pagi juga lautnya ramah. Yang gawat adalah lari, karena pada putaran terakhir kemudian matahari sudah di atas, itu mulai terasa. Memang tracknya yang disulitkan juga terkait cuaca,” ungkap Jeff.

 

Pada kesempatan yang sama, Senior Marketing Manager PT. Herbalife, Elfrida V. Napitupulu turut senang menjadi bagian dari event ini, menurutnya, Ironman bukan olahraga yang asal-asalan artinya butuh sebuah endurance yakni long life.

“Herbalife mengajarkan hidup sehat itu sesuatu yang harus dilakukan terus-menerus, jadi asupan nutrisi menjadi penting, khususnya untuk atlet seperti atlet Ironman. Kami sangat senang melihat mayoritas peserta dari Indonesia, artinya potensi orang-orang Indonesia bisa kita kembangkan,” pungkasnya.

Baca Juga  Video Pengakuan Pedagang Bakso Kena Pajak 4,5 Juta Sebulan

Pada even IRON MAN ini atlet asal Indonesia Andy Wibowo Sabet Kategori The First Male Finisher Ironman 70.3 Lombok. Andy meraih kategori The First Male Finisher Ironman 70.3 Kelas Individu. Ia berhasil menyentuh garis finish dengan catatan waktu 4 jam 22 menit pada ajang Triathlon (trilomba) bergengsi tersebut.

Tidak heran, Andy Wibowo merupakan mantan atlet renang pada gaya kupu-kupu dan bahkan pernah meraih medali perunggu pada gaya kupu-kupu 100 m pada event olahraga tingkat Asia Tenggara pada 2007 di Bangkok.

Dia mengungkapkan bahwa dirinya juga telah banyak mengikuti ajang olahraga Triathlon salah satunya Ironman yang telah diikuti hingga lebih dari 50 kali. Pria yang juga pernah menyabet posisi pertama pada ajang HK Endurance Chalange di Mandalika tahun lalu itu  berpendapat bahwa masyarakat di Lombok sangat luar biasa, sangat banyak dari mereka yang keluar untuk menonton dan meramaikan acara ini.(ais)

Tentang Penulis: Redaksi Koranlombok

Gambar Gravatar
Memberikan informasi Penting, Unik dan Menarik untuk dibaca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.