Natal Diprediksi Bakal Turun Hujan Sangat Lebat di Indonesia

oleh -704 Dilihat
FOTO KEN JURNALIS KORANLOMBOK.ID Puluhan sampan terlihat parkir di pesisir pantai Selatan Kabupaten Lombok Tengah, NTB.

LOMBOK – Prakirawan Cuaca BMKG Stamet Bandara Internasonal Lombok atau ZAM, Aprilia Mustika Dewi menerangkan, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan seluruh wilayah Indonesia berpotensi dilanda hujan lebat hingga sangat lebat selama periode Natal dan Tahun Baru 2023.

Peningkatan curah hujan selama periode Natal dan Tahun Baru 2023 diakibatkan sejumlah dinamika atmosfer. Diantaranya, peningkatan aktifitas Monsun Asia yang dapat meningkatkan pertumbuhan awan hujan secara signifikan di wilayah Indonesia bagian barat, tengah dan selatan. Meningkatnya intensitas seruakan dingin Asia yang dapat meningkatkan kecepatan angin permukaan di wilayah Indonesia bagian barat dan selatan, serta meningkatkan potensi awan hujan di sekitar Kalimantan, Sumatera, Jawa, Bali hingga Nusa Tenggara. Dinamika atmosfer lainnya yaitu adanya indikasi pembentukan pusat tekanan rendah di sekitar wilayah perairan selatan Indonesia yang dapat memicu peningkatan pertumbuhan awan konvektif yang cukup masif dan berpotensi menyebabkan hujan dengan intensitas tinggi, peningkatan kecepatan angin permukaan, serta peningkatan tinggi gelombang di sekitarnya.

Baca Juga  Wagub Klaim Kasus Stunting di NTB Menurun

 

“BMKG Stasiun Meteorologi Zainuddin Abdul Madjid memprakirakan potensi hujan lebat hingga Sangat Lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang untuk periode 25 Desember 2022 – 01 Januari 2023 di sebagian wilayah Kota Mataram, Lombok Barat, Lombok Utara, Lombok Tengah, Lombok Timur, Sumbawa, Sumbawa Barat, Bima, Kota Bima, dan Dompu,” terangnya dalam keterangan resmi yang diterima jurnalis Koranlombok.id, Jumat (23/12) pagi ini.

Baca Juga  Kapolres Loteng Belum Buka Penyebab Hilangnya Truk Tangki BBM Solar

Sementara itu untuk periode tanggal 22 – 24 Desember 2022 juga perlu diwaspadai adanya potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di sebagian wilayah Kota Mataram, Lombok Barat, Lombok Utara, Lombok Tengah, Lombok Timur, Sumbawa, Sumbawa Barat, Bima, Kota Bima, dan Dompu.

Baca Juga  Inspektorat Serahkan Hasil Audit Pemotongan Dana Kapitasi Puskesmas Ganti

“Potensi gelombang tinggi di wilayah perairan NTB tanggal 22 – 28 Desember 2022 yaitu sebagai berikut – kategori tinggi gelombang 2.5 – 4.0 m : Selat Lombok bagian Selatan, Selat Alas Selatan, dan Selat Sape Selatan. Sementara itu, Kategori Tinggi Gelombang 4.0 – 6.0 m terjadi di Samudra Hindia selatan NTB,” bebernya.(nis)

Tentang Penulis: Redaksi Koranlombok

Gambar Gravatar
Memberikan informasi Penting, Unik dan Menarik untuk dibaca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.