Jembatan di Desa Montong Ajan Putus, Dua Pekan Kendaraan Tidak Bisa Melintas

oleh -1054 Dilihat
FOTO ISTIMEWA KORANLOMBOK.ID Beton Jembatan Limpas di Desa Montong Ajan, Lombok Tengah berceceran pascadihantam air sungai saat hujan deras, 26 Desember 2022.

LOMBOK – Jembatan Limpas di Dusun Gong Blate Desa Montong Ajan yang menghubungkan ke Dusun Gerintuk Desa Batu Jangkih, Kecamatan Praya Barat Daya Kabupaten Lombok Tengah putus. Kejadian terjadi 26 Desember 2022. Akibatnya, kendaraan tidak bisa melintas setidaknya sudah dua pekan. Warga hanya bisa dengan cara berjalan kaki melewati Sungai Gong Blate.

“Baru Kadus kami sudah laporkan ke BPBD Lombok Tengah,” ungkap Kades Montong Ajan, Enduddi Yadi kepada jurnalis Koranlombok.id, Jumat pagi (13/1/2023).

Baca Juga  Jelang Pemilu 2024, Disdukcapil Berikan Pelayanan Keliling

 

Sementara, Kepala Dusun Gong Blate Mohammad Ismail yang dikonfirmasi membenarkan kejadian ini. Dia mengaku sudah melaporkan ke pemerintah desa, kecamatan hingga Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Selanjutnya, kadus akan melaporkan ke Bupati HL. Pathul Bahri.

“Harapannya agar segera diperbaiki, mohon pak bupati,” katanya di Praya.

Baca Juga  Kunker Disorot, Kades Semoyang Geram Sebut NGO Jangan Baper

Ismail menerangkan, jembatan ini dibangun tahun 2021 yang dibangun dengan cara swakelola oleh masyarakat dua desa, Montong Ajan dan Batu Jangkih. Sumber anggaran pembangunan APBN dengan total dana Rp 600 juta. Ini untuk pembangunan jembatan dan membuka jalan baru sepanjang 1 kilo meter (km). Adapun penyebab jembatan ini putus hantaman air sungai pada saat hujan lebat waktu itu.

Baca Juga  Kemana Disetor Retribusi Parkir Pasar Renteng Selama 4 Bulan?

“Jembatan dan jalan baru ini dibangun dari dana program PISEW,” bebernya.

Dijelaskan Kadus, pembangunan jembatan dan jalan baru ini dikerjakan selama tiga bulan. Dari 16 April sampai 15 Juli 2021. Dengan kondisi saat ini, pihaknya berharap dinas terkait bisa membantu dilakukan perbaikan.(boy)

Tentang Penulis: Redaksi Koranlombok

Gambar Gravatar
Memberikan informasi Penting, Unik dan Menarik untuk dibaca

Responses (2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.