Pemprov Pastikan TPS Epicentrum Mall Sudah Sesuai

oleh -594 Dilihat
FOTO ISTIMEWA KORANLOMBOK.ID Ini gudang sampah milik Lombok Epicentrum Mall yang berada di area parkir Timur.

LOMBOK – Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) memastikan bangunan tempat pembuangan sampah (TPS) milik Lombok Epicentrum Mall (LEM) di Mataram sudah sesuai dengan dokumen lingkungan. Ini ditegaskan Kabid Pengelolaan Sampah dan Pengendalian Pencemaran DLHK NTB, Firmasnyah.

Firmansyah mengatakan, berdasarkan hasil pengecekan dan evaluasi dan dokumentasi yang dilakukan oleh tim zero waste di LEM Mataram.”Bangunan TPS mall sudah sesuai dokumen lingkungan,” tegas Firman, Kamis (19/1/2023).

Baca Juga  Pergerakan Kunjungan di NTB Diprediksi Tembus 1 Juta Orang

Dia menyampaikan, dalam dokumentasi tim zero waste,  bangunan TPS di mall dengan model tertutup. Di dalam bangunan TPS terdapat kontainer yang ditempatkan oleh pengelola mall. Dengan adanya kontainer itu, maka setiap tiga kali sehari, sampah dikumpulkan dari masing-masing tenan untuk dibuang ke TPS, selanjutnya oleh pihak ketiga akan membawa sampah ke Kebun Kongok.

Baca Juga  Bupati Loteng 'Gantung' Nasib 156 Plt Sekolah Dasar

“Jadi nggak benar ada timbunan sampah yang menahun,” katanya tegas.

Firman menerangkan, ada beberapa catatan yang harus diperhatikan pihak pengelola, diantaranya yaitu memastikan agar sampah segera diangkut, selanjutnya mengoptimalkan pemilahan sampah dari sumbernya.

Baca Juga  Tidar NTB Bagi Makan Siang dan Susu Gratis

“Kami temukan sampah masih bercampur, tapi dari penjelasan pihak pengelola sampah organik dan no organik sudah dipisah. Kami minta untuk diperketat kembali SOP mereka dari tenannya,” pintanya.

Dengan adanya temuan itu, Firman meminta pihak pengelola juga untuk mengumpulkan tenan yang ada, untuk diberikan sosialisasi dan pembinaan. “Itu yang kita minta,” tegasnya lagi.(rif)

Tentang Penulis: Redaksi Koranlombok

Gambar Gravatar
Memberikan informasi Penting, Unik dan Menarik untuk dibaca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.