Ini Dampak Banjir di Bima, Kerugian Masih Dikaji BPBD NTB

oleh -644 Dilihat
FOTO ARIF JURNALIS KORANLOMBOK.ID Kalak BPBD NTB / Ruslan Abdul Gani

LOMBOK – Tiga kecamatan di Kabupaten Bima pada Minggu, 5 Maret 2023 pukul 17.30 WITA terdampak banjir. Kecamatan Kawo, Kecamatan Mambitu dan Kecamatan Sanggar.

Dari banjir itu, 19 kepala keluarga (KK) dan 60 jiwa terdampak, serta tiga infastruktur megalami kerusakan. Di antaranya 1 talud sungai rusak berat, satu drainase rusak ringan, dua jembatan di Desa Taloko rusak berat.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB, Ruslan Abdul Gani mengatakan akibat banjir itu terdapat fasilitas umum seperti Kantor Camat, KUA Wawo dan Kantor Pos di Kecamatan Wawo mengalami rusak ringan dan satu rumah panggung hanyut terbawa arus air, beruntung tidak ada korban jiwa.

Baca Juga  Polda Belum Terima Laporan Kasus Pencurian Kabel PJU di Bypass

 

Sementara, banjir yang terjadi di Kabupaten Bima merendam sawah yang ditanami seluas 30 hektare. Sementara itu banjir pada hari yang sama terjadi  di Kota Bima. Akibat hujan deras yang terjadi di dataran tinggi Kecematan Wawo Kabupaten Bima, sehingga mengakibatkan sungai di Kota Bima meluap.

Baca Juga  Masuk Partai Politik, Tiga Orang Calon PPS Tidak Lulus

Gani mengatakan banjir di Kota Bima diakibatkan oleh luapan sungai pukul 19.08, 10 kelurahan di Kota Bima terendam banjir. Adapun kelurahan yang terendam yaitu Kelurahan Ko’do, Kumbe, Oimbo, Sambinae, Panggi, Rontu, Paruga, Pane, Raba Dompu Barat, dan Kelurahan Dara.

Dari kejadian tersebut setidaknya 269 KK dan 2443 jiwa terdampak serta dua lahan persawahan yang di tanami juga mengalami rusak sedang.

Baca Juga  Petani di Lombok Timur Selatan Terancam Gagal Tanam

Ada juga infastruktur atau akses jalan dan jembatan yang mengalami kerusakan dan juga fasilitas umum yang rusak akibat banjir, Ruslan mengatakan BPBD NTB akan segera mengirimkan timnya untuk melakukan kajian pada lokasi bencana.

“Setelah itu baru kita tahu kerugian dan apa yang akan kita lakukan,” pungkasnya.(rif)

Tentang Penulis: Redaksi Koranlombok

Gambar Gravatar
Memberikan informasi Penting, Unik dan Menarik untuk dibaca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.