Dewan Loteng Sorot Penataan Menuju KEK Mandalika

oleh -778 Dilihat
FOTO DIKI WAHYUDI JURNALIS KORANLOMBOK.ID Pengunjung ramai hendak berfoto di tulisan Bypass BIL – Mandalika, belum lama ini.

LOMBOK – Penataan dari jalur bypass hingga Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika disorot anggota DPRD Lombok Tengah, Lalu Ramdan. Apalagi muncul rencana pembangunan tol laut ke Mandalika yang disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Uno.

“Kalau saya tidak setuju, lebih baik prioritas penataan dulu ke Mandalika. Itu belum saatnya tol laut,” tegas politisi Gerindra kepada jurnalis Koranlombok.id, pekan kemarin.

Ramdan menegaskan, masih banyak penataan belum diperhatikan pemerintah daerah. Sehingga dengan dana terliunan untuk membangun tol laut itu sangat kurang pas dan tepat, apalagi kondisi keuangan Negara sekarang. Parahnya lagi menurut Ramdan, target dari pembangunan tol laut hanya mempermudah akses wisatawan di gili Kabupaten Lombok Utara ke Mandalika.

Baca Juga  Kisah Hidup Ratmilah, Karatan jadi Guru Honorer di Awang

“Kurang pas, kalau itu saja targetnya rugi pastinya Negara dalam hitungan bisnisnya. Iya kan,” sebutnya.

Sebagai gambaran sederhanannya kata Ramdan, pada saat event World Superbike 2023 kemarin, dinas terkait tidak terlihat melakukan persiapan matang. Pasalnya, begitu banyak tamu datang dari luar daerah bahkan negeri. Namun jalur menuju Mandalika terlihat tidak begitu siap dalam penataan.

“Contoh sederhana, ranting-ranting pohon saja tidak dipotong. Lampu penerang jalan juga kan tidak nyala semua. Ini hal kecil tapi memalukan,” sentilnya.

Baca Juga  Total Hadiah Turnamen Bola Voli Ramadan Cup jadi 25 Juta

Untuk itu kedepan Ramdan berharap pemerintah memperhatikan hal kecil baru memperhatikan hal lebih besar lagi.

Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno kepada media di Mandalika mengatakan, Kemenparekraf akan menyiapkan Rp 5,8 triliun untuk pembangunan tol laut. Hal ini disampaikan kepada awak media di Media Center Indonesia, Minggu (5/3/2023).

“Infrastruktur kita akan melengkapi karena pemerintahan ini akan berakhir Oktober tahun depan, kita ingin memperbaiki destinasi seperti Mandalika ini apa yang kurang kita sudah alokasikan dana tambahan Rp 5,8 triliun,” ungkapnya.

Baca Juga  Dewan Ingatkan PR Infrastruktur Pathul-Nursiah

Sandiaga mengatakan, fasilitas yang ingin dibangun salah satunya adalah pelabuhan wisata yang dapat mempercepat wisatawan yang ingin berkunjung baik dari Sanur di Bali ataupun tiga Gili di Lombok Utara.

Rencana itu nanti diharap mempermudah wisatawan di sejumlah tempat untuk mengunjungi Mandalika ketika ada event besar seperti WSBK, sehingga tidak perlu menempuh perjalanan darat setelah menyeberang ke Pulau Lombok.

“Nanti rencananya ada kapal cepat Sanur ke Mandalika dan beberapa kelengkapan yang kita perlukan di sini,” tegasnya.(dik/nis)

Tentang Penulis: Redaksi Koranlombok

Gambar Gravatar
Memberikan informasi Penting, Unik dan Menarik untuk dibaca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.