Rumah Sakit Unram Siap Melayani Operasi Pasien Bayi dan Anak

oleh -1558 Dilihat
FOTO ISTIMEWA KORANLOMBOK.ID Dokter bedah anak di RS Unram saat melakukan operasi kepada pasien, belum lama ini.

LOMBOK – Sejak 2020 Rumah Sakit Universitas Mataram (Unram) telah memiliki dokter bedah anak. Untuk itu, RS Unram kini siap melayani operasi pasien bayi dan anak.

“Dokter bedah anak di Rumah Sakit Unram Alhamdulillaah sudah sering mengerjakan operasi untuk kasus-kasus pada bayi dan anak,” terang Wakil Direktur Pelayanan Medis RS Unram, dr.Akhada Maulana, SpU kepada media, Kamis (27/7/2023).

Sementara di NTB, pusat rujukan bedah anak tidak hanya di RSUP NTB dan RS kota Mataram saja. Sehingga klinik, puskesmas dan RS lainnya memiliki pilihan untuk merujuk pasiennya ke RS Unram.

Baca Juga  Pemuda Kelurahan Prapen Warning Pemkab Loteng

“Silahkan sekarang sudah bisa dirujuk ke RS Unram,” katanya.

 

Dijelaskannya, beberapa operasi yang pernah dikerjakan pada pasien anak antara lain, usus buntu, hernia, hidrokel (terkumpulnya cairan di kantung zakar), dan kelainan bawaan pada anak, seperti atresia ani (bayi yang tidak punya lubang dubur) dan megacolon congenital (gangguan saluran pencernaan akibat tidak adanya persarafan di usus besar).

Baca Juga  Petani di Lombok Timur Selatan Terancam Gagal Tanam

 

“Atresia ani dan megacolon congenital merupakan kasus yang berat dan dengan ijin Allah bisa kami tangani di RS Unram,” bebernya.

Akhada menjelaskan, pelayanan bedah anak RS Unram didukung  fasilitas kamar operasi 24 jam untuk kasus elektif dan darurat serta NICU untuk kasus pada bayi yang memerlukan perawatan intensif yang dikelola oleh dokter, anak dan perawat anak yang sudah berpengalaman.

Baca Juga  Daftar Nama 50 Anggota Dewan Lotim Terpilih Hasil Pemilu 2024

Ditambahkannya, dokter bedah anak dr. Zikrul Haikal, Sp.BA sendiri merupakan putra daerah NTB yang dulunya mahasiswa angkatan pertama Fakultas Kedokteran Universitas Mataram dan menempuh pendidikan spesialis bedah anak di Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada, Jogjakarta.

“Kami juga bekerja sama dengan BPJS, jadi semua jenis operasi pada anak yang disebutkan diatas telah ditanggung BPJS,” pungkasnya.(dik)

Tentang Penulis: Redaksi Koranlombok

Gambar Gravatar
Memberikan informasi Penting, Unik dan Menarik untuk dibaca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.