Buka Bimtek SP4N-LAPOR, Firman Tegaskan Peran Penting Admin

oleh -387 Dilihat
FOTO ISTIMEWA DISKOMINFO LOMBOK TENGAH / Sekretaris Daerah Lombok Tengah, Lalu Firman Wijaya saat membuka Bimtek SP4N-LAPOR.
banner 1683x2000

 

 

LOMBOK – Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah melalui Dinas Komunikasi dan Informatika menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) admin Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online (SP4N-LAPOR) di Aula Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Lombok Tengah, Senin 3 November 2025.

 

Sekretaris Daerah (Sekda) Lombok Tengah, Lalu Firman Wijaya menegaskan pentingnya peran admin perangkat daerah dalam memastikan setiap pengaduan masyarakat tertangani secara cepat dan tepat.

 

“Kedepan, para admin perangkat daerah harus aktif mengelola aplikasi SP4N-LAPOR. Paling tidak lakukan pengecekan minimal tiga kali sehari. Kanal pengaduan masyarakat kini sudah terpusat di lapor.go.id, sehingga menjadi kewajiban untuk direspons dan ditindaklanjuti,” tegasnya.

banner 1059x1590

 

Baca Juga  Gawat! Lombok Tengah Zona Merah Rawan Konflik Sosial

Menurut Sekda, sistem pengaduan publik yang terintegrasi ini menjadi salah satu instrumen penting dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang transparan dan akuntabel.

 

Sementara, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Lombok Tengah H. Muhamad menegaskan komitmen pihaknya untuk terus berkoordinasi dengan para admin di setiap perangkat daerah.

 

“Kami akan terus memantau setiap aduan yang masuk melalui SP4N-LAPOR dan memastikan tindak lanjut dilakukan sesuai prosedur. Respons cepat terhadap aspirasi masyarakat merupakan bagian dari komitmen kita mewujudkan good governance di Lombok Tengah,” katanya.

Baca Juga  Bawaslu Loteng Temukan Politik Uang Oleh Oknum Caleg

 

Diketahui dalam kegiatan Bimtek tersebut menghadirkan narasumber Pranata Humas Dinas Kominfo Kota Mataram, Nining Sulistiningsih Suwiyantana.

Dikatakan Nining, setiap laporan yang masuk dalam aplikasi SP4N-LAPOR harus ditindaklanjuti sesuai standar operasional prosedur (SOP) penanganan aduan.

“Aduan baru maupun yang sudah ditindaklanjuti harus terdokumentasi dengan baik. Sistem di aplikasi ini sudah sangat responsif, dengan fitur-fitur pelaporan dan tindak lanjut yang lengkap,” paparnya.

Baca Juga  Gangguan, Pendaftar P3K Belum Bisa Mengakses

 

Melalui kegiatan bimtek ini diikuti oleh para admin aplikasi LAPOR dari seluruh perangkat daerah. Kedepan para admin diharapkan semakin memahami tata cara pengelolaan aduan masyarakat secara profesional dan terintegrasi.

 

“Dengan demikian, kualitas pelayanan publik di Kabupaten Lombok Tengah dapat terus meningkat sejalan dengan semangat pemerintahan yang cepat tanggap dan berpihak pada kebutuhan warga,” katanya.(adv/nis)

Tentang Penulis: Redaksi Koranlombok

Gambar Gravatar
Koranlombok media online dari Provinsi Nusa Tenggara Barat. Koranlombok selalu menayangkan berita Penting, Unik dan Menarik untuk dibaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.