BPBD Segera Umumkan Status Bencana Lombok Tengah

oleh -1233 Dilihat
FOTO ISTIMEWA KORANLOMBOK.ID Tiga petugas dari BPBD saat turun di tengah genangan air di wilayah Praya Timur, Lombok Tengah, Sabtu (25/12).

LOMBOK – Pemerintah Lombok Tengah akan segera merilis dan menetapkan status bencana pasca sejumlah wilayah dilanda banjir, pohon tumbang dan longsor.

Sementara, Wakil Bupati Lombok Tengah HM. Nursiah langsung memimpin rapat dengan dinas terkait membahas soal bencana di daerah, Senin (26/12) siang.

“Bencana ini harus kita antisipasi.

Terima kasih untuk yang sudah aktifitas kegiatan lapangan di antaranya Kalak BPBD, Dikes, Dinsos dan yang lainnya. Terima kasih atas respons cepatnya,” kata wabup dalam keterangan resminya.

Baca Juga  Pelayanan Nyaris Lumpuh, Segel Kantor Desa Lantan Dibuka Malam Hari

Wabup mengatakan, perlu ada keterpaduan antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sehingga tidak saling tumpang tindih.

“Untuk mencapai kinerja yang baik dalam penanganan bencana ini, kita perlu perbaiki manajemen koordinasi sehingga kinerja antar instansi bisa terpadu dan lebih rapi,” tegasnya.

Wabup juga meminta BPBD terkait status bencana untuk segera dirilis setelah disetujui pimpinan. “Melalui Kalak BPDB kita intruksikan untuk segera mensosialisasikan status bencana sehingga penangannya bisa maksimal, termasuk pembentukan Satgas Penanganan Bencana Kabupaten Lombok Tengah,” perintahnya.

Baca Juga  Pemprov NTB Upayakan Bangun Jembatan Lombok - Sumbawa

 

Wabup menambahkan selain bencana banjir perlu juga diantisipasi terkait angin kencang yang dampaknya pada banyaknya pohon yang tumbang. “Melalui Dinas Perkim sudah melakukan pemetaan dan langkah preventif untuk antisipasi sehingga pohon-pohon tidak banyak yang tumbang,” tuturnya.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Lombok Tengah, H. Suardi mengatakan dalam penanganan bencana banjir pihaknya sudah turun langsung membawa bantuan kepada mayarakat terdampak bencana banjir.

Baca Juga  Presiden Jokowi Lantik KSAD jadi Panglima TNI

“Kemarin setelah instruksi Pak Bupati dan Wabup kita sudah turun di lokasi banjir. Kami dari Dinas Kesehatan dan Direktur RSUD Praya langsung turun,” katanya.

Kadikes akan memastikan kesiapsiagaan tenaga kesehatan dan juga obat-obatan, serta alat kesehatan sehingga tidak ada kendala di lapangan. Dikes juga akan meminta kepada semua puskesmas untuk memberikan imbauan kepada masyarakat agar selalu waspada terhadap segala kemungkinan yang terjadi.

“Masyarakat harus waspada,” serunya.(ais)

Tentang Penulis: Redaksi Koranlombok

Gambar Gravatar
Memberikan informasi Penting, Unik dan Menarik untuk dibaca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.