5.500 Meter Kabel PJU Bypass BIL-Mandalika Kembali Dicuri

oleh -1176 Dilihat
FOTO ISTIMEWA KORANLOMBOK.ID Seperti ini kondisi kabel yang diputus bawah tanah setelah dicuri kawanan maling di bypass BIL-Mandalika, Senin (20/3/2023).

LOMBOK – Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah dan Provinsi NTB benar-benar dibuat pusing oleh aksi kawanan maling. Lagi-lagi, kabel bawah tanah lampu Penerang Jalan Umum (PJU) bypass BIL-Mandalika dicuri. Sekitar 5.500 meter panjang kabel lampu yang hilang.

Kepala Dinas Perhubungan Lombok Tengah, H. Lalu Supardan mengatakan, padahal pada saat perhelatan WSBK kemarin kabel diganti oleh anak buahnnya. Namun belum sebulan kabel pengganti juga ikut dicuri.

Baca Juga  Dalang Wayang Sasak di Loteng Merasa Dianaktirikan Pemerintah

“Nggih benar berarti niki sudah tiga kali dicuri dan kami sudah sampaikan ke Dishub Provinsi untuk dilanjutkan ke Kemenhub sebagai pemilik aset,” terangnya kepada jurnalis koranlombok.id, Rabu (29/3/2023).

Supardan mengungkapkan bahwa sebelumnya Kementerian Perhubungan telah memperbaiki kabel pengganti sepanjang 4.800 meter kabel dengan 17.000 meter rangkaian dan 340 titik lampu yang telah menyala saat WSBK.

 

Pihaknya baru Senin (20/3/2023) mengetahui kabel kembali dicuri, saat petugas mengecek kondisi PJU sepanjang jalan by pass. Untuk mengantisipasi terjadi lagi, Dishub Lombok Tengah menyarankan kepada Kementerian Perhubungan agar  menggunakan kabel atas agar lebih sulit untuk dicuri. Selain itu, Supardan juga mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga fasilitas publik.

Baca Juga  Lobar Keciprat Berkah Event MotoGP dan LIVOLI

“Kami sudah usulkan ke provinsi dan Kemenhub termasuk ke Balai Jalan Nasional agar menggunakan kabel atas. Tapi  memang kurang estetika dan indah tapi aman kabelnya,” ceritanya.

Atas kejadian ini, pihaknya tidak bisa berbuat apa-apa. Hanya sebatas melaporkan ke Dinas Perhubungan Provinsi dan telah dilaporkan Kementerian Perhubungan selaku pemilik aset untuk dilaporkan kepada pihak kepolisian.

Baca Juga  Kades Terseret Kasus TPPO, Warga Segel Kantor Desa Nyiur Tebel

“Saya dapat informasi yang melakukan pencurian pertama sudah dilaporkan ke polisi, kalau kedua dan ketiga kami kurang tau,” tutupnya.(nis)

Tentang Penulis: Redaksi Koranlombok

Gambar Gravatar
Memberikan informasi Penting, Unik dan Menarik untuk dibaca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.