Dispar Lombok Utara Ekspose Dua Perencanaan Kegiatan di Gili Trawangan

oleh -873 Dilihat
FOTO DIKI WAHYUDI JURNALIS KORANLOMBOK.ID Pengunjung di Gili Trawangan pada momen libur lebaran tahun 2023.

LOMBOK – Kepala Dinas Pariwisata Lombok Utara, Dende Dewi Tresna Budiastuti mengatakan ada dua kegiatan yang diekspose perencenaan. Di antaranya, pembangunan toilet dan landscape, pembangunan landscape dengan perlengkapannya disiapkan anggaran sekitar Rp 820 juta, sementara toilet umum pria dan wanita serta perlengkapan pendukungnya disiapkan anggaran Rp 299 juta. Dimana dua kegiatan ini sumber anggaran dari DAK penugasan tahun 2023.

“Untuk perencanaannya sudah jadi,” terangnya kepada media, Selasa (13/6/2023).

Dijelaskannya, lokasi pembangunan landsacape dan toilet umum telah ditetapkan, di sekitar areal Masjid Gili Trawangan. Sementara pihak yayasan masjid sendiri telah menyetujui rencana pembangunan tersebut, sehingga nantinya setelah pembangunan jadi bangunan tersebut diserahkan pengelolaannya kepada pihak yayasan.

Baca Juga  Menhan Panen Jagung di Selong Belanak

 

“Nanti pemerintah hibahkan ke pihak yayasan,” katanya.

Sementara waktu pelaksanaan pembangunan fasilitas umum tersebut, akan dilaksanakan dalam waktu dekat sedangkan proses tender ditargetkan sudah berjalan Juli 2023.

“Di sana juga akan dibangun proyek penanganan abrasi di lokasi yang berbeda yakni pada sumber potensi abrasi dengan alokasi anggaran sekitar Rp 7,2 miliar, nanti kita jadwalkan tendernya bersamaan dengan dua item kegiatan,” bebernya.

Baca Juga  Dewan Supli Tampung Aspirasi Guru Ngaji dan Marbot, Berharap Dapat Honor

 

Ditambahkan kepala dinas, dalam proses pembangunan fisik mulai dari perencanaan tetap melibatkan sejumlah pihak, diantaranya Inspektorat, Kejaksaan dan aparat kepolisian untuk menerima saran masukan dalam proses awal hingga pekerjaan mulai berjalan.

 

Di tempat yang sama, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Steda Lombok Utara, Hermanto menyampaikan di Gili Trawangan tahun ini akan dibangun sejumlah fasilitas  seperti lanjutan pembangunan jalan lingkar Gili Trawangan, landscape, toilet umum serta proyek penanganan abrasi.

Baca Juga  Waspada Hoaks Jelang Pilpres 2024, Cermati Tipe dan Ciri-cirinya

Disampaikannya, pemerintah daerah dalam pembangunan fisik juga melibatkan sejumlah pihak seperti pihak kejaksaan yang diharapkan dapat memberikan pendampingan berupa saran dan masukan, sehingga proses pembangunan dapat berjalan lancar dan aman.

“Ekspose hari ini juga penting disampaikan seperti apa pemanfaatan atau pemeliharaannya setelah bangunan jadi, sehingga tidak terkesan hanya membangun saja,” kata Hermanto.(dik)

Tentang Penulis: Redaksi Koranlombok

Gambar Gravatar
Memberikan informasi Penting, Unik dan Menarik untuk dibaca

Response (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.