Guru di Lombok Tengah Kompak Bakar SK Pengangkatan

oleh -6229 Dilihat
FOTO ANIS PRABOWO JURNALIS KORANLOMBOK.ID Ratusan guru yang tergabung dalam Forum Guru Tanpa Penempatan (FGTP) saat demo di halaman Kantor Dikbud Lombok Tengah, Rabu (20/9/2023).

LOMBOK – Ratusan guru yang tergabung dalam Forum Guru Tanpa Penempatan (FGTP) Lombok Tengah turun demo, Rabu (20/9/2023). Tanpa pikir panjang, guru itu kompak membakar SK Pengangkatan sebagai bentuk kekecewaan mereka di halaman Kantor Dikbud Lombok Tengah.

Sementara itu adapun tuntutan para guru ini, meminta dibuka hasil kunjungan Pemkab Lombok Tengah ke Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara  dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) terkait penambahan formasi guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K).

 

“Kita di sini hari ini cari kejelasan masalah nasib kita, tapi sampai sekarang belum ada jawaban, bahkan sampai kita pergi ke pusat dua minggu kemarin,” tegas Ketua FGTP Lombok Tengah, Zulpan Hadi dalam orasi.

 

Menurutnya, tuntutan guru ini tidak sulit untuk dikabulkan oleh Pemkab Lombok Tengah jika mereka dapat terakomodir dalam formasi P3K. Sementara itu saat ini sudah mulai pembukaan seleksi P3K, dimana jatah 80 persen formasi untuk guru honorer dan 20 persen untuk umum.

Baca Juga  Sumber PAD Loteng Akan Diambil Alih Pemerintah Pusat

 

“Tapi kan sekarang tidak dibukakan (formasi, red) untuk kita, sekarang peluang kami sudah tidak ada. Nah kita saat ini minta pertanggungjawaban apakah kita akan diberhentikan atau seperti apa,” katanya tegas.

 

Diketahui ada 752 guru tanpa penempatan di Lombok Tengah yang sebelumnya telah dinyatakan layak sebagai P3K melalui penilaian observasi pada tahun 2022 dari Kemendikbud yang dinilai oleh kepala sekolah, guru senior, pengawas dan BKPSDM.

 

“Janggalnya di sana banyak kekeliruan, tahun kemarin tidak ada formasi untuk guru SMP tapi kenyataan penempatan sekarang ini malah banyak di SMP,” ungkapnya.

Jika Pemkab Lombok Tengah membuka 500 formasi, harapnya guru yang telah diobservasi tersebut dapat tercover.

“Kalau ada 1.000 yang dibuka berarti ada kesempatan teman-teman guru lainnya yang tidak lulus observasi kemarin,” sebutnya.

Baca Juga  Jenderal Asep di Balik Pengungkapan Skenario Sambo Bunuh Ajudan

 

Di tempat yang sama, salah satu guru yang ikut dalam aksi tersebut, Baiq Sad’ahriati mengaku sudah 18 tahun menjadi guru honorer di SDN 2 Jurit, Desa Bebuak, Kecamatan Kopang.

  • “Tuntutan kami supaya adil lah liat masa kerjanya, sudah lama mengabdi sudah tua lagi kan. Masa kita kalah sama orang yang membeli ijazah dua bulan sudah dapat,” katanya.

 

Sementara Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lombok Tengah, Didik Purwasditiya mengatakan terkait hasil Pemkab menghadap ke Kementerian PAN-RB beberapa minggu lalu pihaknya tidak tahu dan tidak pernah dikabari.

Dia membeberkan, yang berangkat ke Kemenpan RB Sekda Lombok Tengah, H. Lalu Firman Wijaya, Ketua Komisi IV DPRD Lombok Tengah, Legewarman, Kepala BKPSDM dan dua orang perwakilan dari forum guru.

 

“Nah itu tidak tahu kami hasilnya karena kami tidak ikut dan tidak dikabari,” ungkap dia.

Baca Juga  Mengulas Asal Usul Tradisi Nyelametan Dowong Warga Denggen Lombok Timur

Dinas sebelumnya mengusulkan kebutuhan guru sejumlah 600 formasi belum ditambah yang telah pensiun kepada BKPSDM untuk tahun 2023. Sementara berdasarkan PMK 212 tahun 2022 ada sekitar 1.500 formasi yang disediakan daerah.

 

“Ketika diverifikasi di sana kita hanya kekurangan guru 119 dan itu yang diusulkan ke MenPAN-RB,” bebernya.

 

Sedangkan saat dilakukan penyandingan data antara forum guru, Dikbud dan BKPSDM di Aula Kantor DPRD Lombok Tengah beberapa minggu lalu menyebut kekurangan guru di Lombok Tengah 810 orang uang diusulkan kembali.

Selanjutnya untuk seleksi dan pengadaan formasi merupakan ranah BKPSDM karena pihaknya hanya mengusulkan sesuai kebutuhan saja, sedangkan isu formasi karena anggaran pendidikan dalam APBD Lombok Tengah yang hanya 48 persen, dirinya tidak tahu.

“Pengadaan ASN itu kewenangan BKPSDM, kita gak urus seleksi,” pungkasnya.(nis)

Tentang Penulis: Redaksi Koranlombok

Gambar Gravatar
Koranlombok.id merupakan salah satu media online dari Provinsi Nusa Tenggara Barat. Koranlombok.id selalu menayangkan berita Penting, Unik dan Menarik untuk dibaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.