Puting Beliung dan Hujan Es di Desa Kelebuh

oleh -886 Dilihat
FOTO IWAN JURNALIS KORANLOMBOK.ID Ini salah satu rumah warga yang roboh akibat angin puting beliung, Minggu (26/3/2023).

LOMBOK – Sedikitnya enam unit rumah warga Dusun Jeruju II, Desa Kelebuh, Kecamatan Praya Tengah, Lombok Tengah rusak parah setelah diterjang angin puting beliung, Minggu (26/3/ 2023).

Kepala Dusun (Kadus) Jeruju II, Fathur menuturkan angin puting beliung yang terjadi pada siang menjelang sore menyebabkan enam unit rumah milik warganya rusak.

Fathur menceritakan, sebelum angin puting beliung menerjang, sempat terjadi hujan es beberapa detik. Tak berselang lama gumpalan awan disertai hujan deras dan angin kencang menerjang wilayah itu.

”Kejadiannya sekitar jam 3,” tutur Fathur kepada jurnalis Koranlombok.id, Senin (27/3/2023).

Sementara itu, seorang warga Dusun Jeruju II, Abdul Azis mengatakan, pada saat kejadian dia sedang tidak berada di rumah. Namun, melihat kondisi cuaca dan putaran angin yang begitu kencang, ia sudah menduga akan terjadi musibah. Akhirnya mengetahui bahwa rumahnya diterjang puting beliung setelah tetangganya menelponnya.

Baca Juga  Ketua BBHAR PDIP NTB Minta Polda Segera Panggil KH Achmad Zen

”Pada saat kejadian saya sedang kerja di dusun lain,” katanya.

 

Beruntung sambungnya, istri dan dua anaknya selamat. Namun, dari kejadian tersebut dia mengalami kerugian Rp 7 juta. Abdul Azis berharap setidaknya bantuan dari pemerintah desa segera datang untuk mengurangi beban biaya membeli bahan bangunan.

 

Baca Juga  Bawaslu Lobar Rekom Oknum Pejabat Dipecat Secara Tidak Hormat

Terpisah, Kepala Desa Kelebuh, Nurahim mengatakan, pihaknya sudah melaporkan kejadian ini ke pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lombok Tengah. Pihaknya juga sedang melakukan pendataan jumlah kerusakan dan kerugian masing-masing warga, agar pihaknya bisa secepatnya memberikan bantuan.

Katanya, musibah angin puting beliung ini merupakan yang kedua kalinya terjadi setelah sebelumnya terjadipada 2019. ”Insha Allah akan ada bantuan dari desa dan kami juga sudah bersurat ke BPBD,” ceritanya.

 

Sementara, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lombok Tengah, H. Ridwan Ma’ruf menjelaskan, selain angin puting beliung di Desa Kelebuh, hujan deras yang terjadi kemarin juga menyebabkan tiga rumah warga di Desa Lelong terendam banjir.

Baca Juga  Warga Tolak Pengoperasian Perluasan TPA Kebon Kongok

Selain itu, banjir juga menerjang tiga dusun di Desa Marong, Praya Timur. Akibatnya 17 rumah warga di tiga dusun berbeda yakni, Dusun Teratak, Dusun Kondo, dan Dusun Mertak.

“Kami tadi malam langsung turun memberikan bantuan berupa terpal, selimut, beras, minyak goreng, dan perlengkapan bayi,” kata Ridwan.

Ridwan Ma’ruf mengimbau kepada masyarakat dengan situasi cuaca yang tidak menentu, dirinya berharap agar masyarakat tetap waspada.

”Jangan sampai setelah terjadi korban baru kita bertindak,” tegasnya.(wan)

Tentang Penulis: Redaksi Koranlombok

Gambar Gravatar
Memberikan informasi Penting, Unik dan Menarik untuk dibaca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.