Teluk Ekas jadi Percontohan Budidaya Rumput Laut Pertama di Indonesia

oleh -897 Dilihat
FOTO ISTIMEWA Nelayan saat memanen rumput laut di pesisir Pantai Teluk Ekas Buana, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur.

LOMBOK – Potensi pengembangan rumput laut di Teluk Ekas, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur bakal dijadikan percontohan atau pilot projek nasional pertama di Indonesia untuk budidaya rumput laut skala besar. Dengan lahan dimanfaatkan, 100 hektare yang dikembangkan secara terintegritas dari hulu hingga hilir.

“Ekosistem budidaya rumput laut salah satu fokus yang harus dibenahi, perlu ada model skala besar terintegrasi dari hulu ke hilir melalui piloting,” terang PJ Sekda Lombok Timur, H. Hasni melalui keterangan tertulis, Jumat (23/2/2024).

Baca Juga  Masuk Sirkuit Mandalika Gratis

Pihaknya menjelaskan jika piloting tersebut dikelola oleh salah satu perusahaan dengan mengoptimalkan teknologi pada mekanisme budidaya hingga pengolahan rumput laut. Pada proses pengolahan akan menghasilkan produk berupa biostimulan (Senyawa organik alami) dan bioplastic (Plastik ramah lingkungan), bahkan dalam jangka panjang di rencanakan akan dapat memproduksi biofuel (bahan bakar organik).

Piloting skala nasional ini juga dijadwalkan akan dilakukan showcase (Pameran) oleh Presiden Jokowidodo pada, Kamis 29 Februari. Pemerintah daerah selain berjibaku mempersiapkan kehadiran presiden di lokasi tersebut, juga berupaya memaksimalkan berbagai potensi dari Piloting utamanya pada sektor ekonomi dan pengembangan pariwisata di Teluk Ekas.

Baca Juga  Harga Tomat Melambung Tinggi, Cabai Rawit Anjlok

“Program Piloting pengembangan rumput laut di Teluk Ekas merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam memperkuat sektor kelautan dan perikanan, serta mendukung perekonomian dan pembangunan daerah,” tegasnya.

Jelang kunjungan presiden, pihaknya menjelaskan terus melakukan persiapan teknis dan koordinasi antar instansi, salah satunya dengan melakukan zoom meting bersama pemerintah pusat untuk memperlancar kegiatan peluncuran tersebut.

Baca Juga  Viral, Empat Bule Asal Spanyol Ngamen di Kuta Mandalika

“Persiapan untuk menyambut Presiden Joko Widodo, mulai dari kebersihan area acara hingga transportasi yang akan digunakan presiden nanti di Ekas,” terangnya.

Pihaknya menambahkan, kegiatan ini terlaksananya berkat kerjasama antar pemerintah daerah dan pusat diharapkan akan mampu memberikan dampak yang signifikan bagi masyarakat di Lombok Timur .

“Termasuk masyarakat di sekitar Teluk Ekas sehingga kedepannya mempu membuka peluang ekonomi bagi masyarakat,” harapnya.(fen)

Tentang Penulis: Redaksi Koranlombok

Gambar Gravatar
Koranlombok.id merupakan salah satu media online dari Provinsi Nusa Tenggara Barat. Koranlombok.id selalu menayangkan berita Penting, Unik dan Menarik untuk dibaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.