Dua Jemaah Haji Loteng Batal Berangkat Setelah Tiba di Asrama Haji

oleh -378 Dilihat
FOTO ANIS JURNALIS KORANLOMBOK.ID Jemaah Calon Haji asal Lombok Tengah kloter perdana tahun 2024 berdesakan saat hendak menaikan bus di halaman Masjid Agung.

 

LOMBOK – Dua jemaah calon haji (JCH) asal Lombok Tengah batal berangkat ke tanah suci Makkah tahun 2024. Hal ini disebabkan karena kondisi kesehatan. Dua calon tamu Allah itu, awalnya sempat sampai masuk Asrama Haji Mataram. Yakni, Murni, 70 tahun warga Kecamatan Pringgarata dan Awaludin, 70 tahun warga Kecamatan Kopang.

 

Kepala Seksi (Kasi) Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) Lombok Tengah, Lalu Syamsul Hadi mengatakan dua jemaah calon haji ini sempat masuk di Asrama Haji, namun keduannya dikabarkan kondisi kurang baik. Sementara Murni sempat melakukan pemeriksaan di asrama haji dan dilarikan ke RSUP NTB.

Baca Juga  Double Job, Kades Mertak Mintak Kadus Awang Kebun Memilih

“Ada gangguan jantung kalau tidak salah, karena sudah dalam usia tua, kemudian yang satu atas keterangan sendiri menyatakan diri kurang bersedia,” katanya kepada media, Rabu (29/5/2024).

 

Disampaikan Syamsul, kedua jemaah tersebut sebelumnya dari kloterĀ  berbeda yakni, kloter 5 dan 11. Namun karena tahun ini tidak bisa berangkat mereka masih ada kesempatan melaksanakan ibadah haji pada tahun depan karena telah melunasi pembayaran.

Baca Juga  Warga Lombok Tengah Dilarang Bunyikan Mercon

“Diganti oleh jemaah cadangan,” katanya.

Sementara itu saat ini semua jemaah haji asal Lombok Tengah dalam kondisi baik, dirinya mengimbau agar selalu bersama dengan kelompok agar tidak tersesat. Selain itu menjaga kesehatan dan jangan lupa untuk menyiapkan persediaan air minum.

Baca Juga  Antisipasi Banjir Malam Ini, Warga Dirikan Tenda Pengungsian

“Juga jangan memforsir tenaganya saat puncak wukuf nanti di Mina,” tuturnya.

Syamsul menyampaikan, saat ini para jemaah haji mulai melakukan rukun haji dan nanti puncaknya akan wukuf di Padang Arafah, Mina pada tanggal 9 Zulhijah nanti.

“Petugas kita di sana berikan perhatian penuh kepada jemaah haji yang Lansia, kita prioritaskan,” tegasnya.(nis)

 

Tentang Penulis: Redaksi Koranlombok

Gambar Gravatar
Koranlombok.id merupakan salah satu media online dari Provinsi Nusa Tenggara Barat. Koranlombok.id selalu menayangkan berita Penting, Unik dan Menarik untuk dibaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.