Vila Dibangun Tak Berizin, Kades Montong Ajan Ungkap Hal Mencengangkan

oleh -1066 Dilihat
FOTO DIKI WAHYUDI JURNALIS KORANLOMBOK.ID / Sejumlah vila mulai berdiri kokoh di sebuah bukit di wilayah Praya Barat, Lombok Tengah.

LOMBOK – Diusiknya pembangunan vila di Desa Montong Ajan, Kecamatan Praya Barat Daya, Lombok Tengah membuat kepala desa setempat, Enduddi Yadi mengungkapkan hal mencengangkan.

Kades Montong Ajan melihat, tidak ada warganya yang ikut bergabung hearing di DPRD Lombok Tengah bersama LSM Laskar NTB, Selasa (11/6/2024).

“Warga kami mungkin ndak ada yang hearing saya lihat, mungkin orang luar semua,” ungkapnya saat dihubungi jurnalis Koranlombok.id via wa, Selasa (11/6/2024) sore.

Menurut Enduddi, izin pembangunan vila oleh PT. Invest Island ada. Sebab, saat itu pernah mengurus persyaratan di desa. Sementara itu vila ini dibangun di Dusun Sombeng, Desa Montong Ajan.

Baca Juga  Ketua DPRD Loteng Klaim, 4 Miliar Temuan BPK Sudah Terkumpulkan

“Pernah dulu urus Amdal,” kata pria yang posisinya berada di tanah suci Makkah tersebut.

Ditegaskan dia, hearing itu ada kepetingan menurutnya. Maka dengan demikian, dia mengajak untuk duduk bersama dan apa yang perlu dibenahi.

“Kalau mau dilengkapi mari kita bantu PT untuk ngurus atau dorong Pemda melengkapi soal ini semua adalah tepat warga kita kerja,” bebernya via wa.

 

Sementara itu, pembangunan vila oleh PT. Invest Island di Dusun Sombeng diduga tidak mengantongi izin Persetujuan Bangunan Gedung (PBG). Persoalan kemudian dibawa ke meja DPRD setempat oleh warga bersama LSM Laskar NTB.

Baca Juga  Buaya dengan Panjang 4,5 Meter Ditangkap di Perbatasan Bangkat Parak – Kidang

Ketua LSM Laskar NTB, Agus Setiawan saat hearing meminta klarifikasi kepada pihak PT. Invest Island yang mereka duga tak mengantongi izin PBG dalam membangun vila. Selain itu diduga telah mencatut nama Bupati Lombok Tengah H. Lalu Pathul Bahri untuk mendirikan vila di Desa Montong Ajan.

Agus juga meminta Satpol PP tegas menegakkan Perda dan aturan daerah lainnya terkait para pemilik bisnis yang tidak memiliki izin.

Baca Juga  Pemprov Pastikan TPS Epicentrum Mall Sudah Sesuai

“Kita meminta DPRD memberikan rekomendasi terkait pembangunan vila ini ,” desaknya saat hearing.

Perwakilan dari PT. Invest Island, Anton menegaskan bahwa perusahaan mereka hanya memiliki izin di Dusun Torok dan bukan di Dusun Sombeng.

Anton mengatakan terkait tuduhan pencatutan nama Bupati Lombok Tengah ditegaskannya tidak pernah dilakukan oleh pihak perusahaan.

“Terkait perizinan dan apapun bisa dicek, kita tidak ada melakukan pembangunan di sana,” katanya tegas.(dik/nis)

 

Tentang Penulis: Redaksi Koranlombok

Gambar Gravatar
Koranlombok.id merupakan salah satu media online dari Provinsi Nusa Tenggara Barat. Koranlombok.id selalu menayangkan berita Penting, Unik dan Menarik untuk dibaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.